Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengukuhkan Paskibraka Kabupaten Badung Tahun 2019, Rabu (14/8) di Wantilan Pura Lingga Bhuwana , Puspem Badung.
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengukuhkan Paskibraka Kabupaten Badung Tahun 2019, Rabu (14/8) di Wantilan Pura Lingga Bhuwana , Puspem Badung.
sewa motor matic murah dibali

MANGUPURA, balipuspanews.com – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kabupaten Badung tahun 2019 secara resmi dikukuhkan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa atas nama Bupati Badung, di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, Rabu (14/8).

Paskibra akan mengemban tugas mulia dan bersejarah untuk mengibarkan serta menurunkan sang saka merah putih pada Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 pada Sabtu, 17 Agustus 2019 di Lapangan Puspem Badung.

Dalam sambutannya Wabup. Suiasa menekankan bahwa anggota Paskibraka adalah pemuda-pemudi terpilih dan kader-kader terbaik yang telah melalui proses seleksi dan perjuangan yang sangat berat. Namun dibalik beratnya perjuangan tersebut, apa yang telah diraih merupakan sesuatu yang sangat membanggakan pada diri sendiri, orang tua dan kebanggaan semua pihak. Oleh karenanya pertanggungjawabkan kepercayaan ini dengan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Maknailah tanggungjawab ini sebagai kehormatan bagi adik-adik karena tidak semua mendapat kesempatan untuk mengemban misi yang mulia ini,” tegasnya. Ditambahkan, kepercayaan yang diberikan ini diharapkan dapat sebagai pemantik bagi anggota Paskibra guna menumbuhkembangkan rasa semangat, nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan loyalitas, dedikasi, pengabdiannya kedepan buat bangsa. “Paskibraka adalah orang-orang sebagai kader Bangsa, penerus kepemimpinan nasional, daerah serta elemen masyarakat, serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” tambahnya

Kadis Sosial Badung I Ketut Sudarsana selaku Ketua Panitia melaporkan, peringatan HUT RI ke-74 tahun ini mengambil tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Tujuan pengukuhan adalah melantik secara penuh sebagai anggota Paskibra dan merupakan proses penguatan mental dengan penanaman rasa kebangsaan dan kepercayaan diri sebagai modal utama dalam melaksanakan tugas pengibaran bendera. Anggota Paskibraka berjumlah 70 orang siswa-siswa SMA/SMK, dari hasil seleksi yang telah dilaksanakan sebelumnya serta lima anggota dari Polres Badung.

Anggota Paskibra hasil seleksi terdiri dari, SMAN 1 Kuta Selatan 4 orang, SMAN 1 Kuta 5 orang, SMAN 2 Kuta 9 orang, SMAN 1 Kuta Utara 12 orang, SMAN 1 Mengwi 7 orang, SMAN 2 Mengwi 9 orang, SMAN 1 Abiansemal 12 orang, SMAN 1 Petang 5 orang, SMA Thomas Aquino 1 orang, SMK Pariwisata Mengwitani 1 orang, SMK PGRI 3 Badung 2 orang, SMK Soverdi 2 orang, SMK PGRI 2 Badung 1 orang. Jadwal latihan mulai dilaksanakan bulan 11 Juli hingga 16 Agustus, dan masa karantina selama 14 hari. Instruktur ditetapkan dari anggota Kodim 1611/Badung, Polresta Denpasar, Polres Badung, Disdikpora, Dinas Sosial serta anggota Purna Paskibraka Indonesia.

“Paskibra ini mengemban tugas pengibaran dan penurunan bendera pusaka merah putih pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 secara fisik dan mental sudah optimal,” jelasnya.

(cita/bpn/tim)