Beranda Bali Badung Wabup. Suiasa Mendem Pedagingan di Pura Puseh Kangin, Tegal, Darmasaba

Wabup. Suiasa Mendem Pedagingan di Pura Puseh Kangin, Tegal, Darmasaba

ABIANSEMAL, balipuspanews.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri dan ikut ngrastitiang (mendoakan)

Wabup Suiasa menghadiri Karya Mamungkah di Pura Puseh Kangin, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kec. Abiansemal, Selasa (8/10).
Wabup Suiasa menghadiri Karya Mamungkah di Pura Puseh Kangin, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kec. Abiansemal, Selasa (8/10).
di Pura Puseh Kangin, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kec. Abiansemal, Selasa (8/10).

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati melakukan persembahyangan bersama dan berkesempatan mendem pedagingan pada salah satu pelinggih. Suiasa juga menyerahkan bantuan dana aci sebesar Rp. 600 juta.

Menurut Suiasa, karya yang dilaksanakan krama Desa Adat Tegal Darmasaba ini adalah karya yang utama. Agar dapat mewujudkan karya utama, haruslah dilandasi dengan keseimbangan kesucian sekala dan kesucian niskala. Artinya kesucian sarana upakara yang dihaturkan harus diimbangi dengan kesucian sekala yaitu krama sendiri harus membawa pikiran, perkataan maupun perbuatan yang baik dan suci.

“Mari kita semua di pawongan ini memiliki manah suci, tingkah laku yang baik, agar apa yang menjadi tujuan karya ini dapat terwujud demi keselamatan alam dan kesejahteraan masyarakat, Tegal, Darmasaba maupun jagat Badung,” imbuhnya.

Selain itu kehadiran Beliau mewakili pemerintah dan hadirnya DPRD juga sebagai wujud dukungan sekaligus ikut ngrastitiang karya agar keutamaan karya meningkat. “Harapan kami melalui karya ini, krama disini juga ikut ngrastitiang jagat Badung agar tetap aman, tentram dan masyarakatnya sejahtera,” jelas Suiasa.

Bendesa Adat Tegal, I Made Lipur menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemkab badung, sehingga pelaksanaan karya dapat berjalan dengan baik termasuk pembangunan pura sudah tuntas. Mengenai dudonan karya, telah dimulai sejak 28 Agustus lalu dengan matur piuning.

Pada, Selasa (8/10) ini dilaksanakan upacara melaspas dan mendem pedagingan serta melaspas petapakan. Sementara Tawur Balik Sumpah pada (17/10) dan Puncak Karya bertepatan dengan buda umanis prangbakat (23/10) mendatang.

Hadir mendampingi Wabup Suiasa, Ketua DPRD Provinsi Bali diwakili anggota I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung Ni Luh Putu Sekarini, I Nyoman Gede Wiradana, Made Ponda Wirawan dan Kabag Humas Setda Badung Made Suardita.

(cita/bpn/tim)

Facebook Comments

Most Popular

Harap Bisa Atasi Permasalahan Air, Gubernur Prioritaskan Pembangunan Bendungan Tamblang

BULELENG, balipuspanews.com - Pembangunan Bendungan Tamblang sudah diresmikan, pada Rabu (12/8/2020), oleh Gubernur Bali I Wayan Koster. Pembangunan Bendungan ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan...

Resmi Ditahan, Jrx : Semoga Tidak Ada Lagi Ibu-Ibu Menjadi Korban Rapid Test

DENPASAR, balipuspanews.com - Jrx Superman Is Dead (SID) kembali diperiksa oleh Penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Bali, pada Rabu, 12 Agustus 2020.Jrx SID diperiksa...

Jerinx SID Resmi Tersangka, Langsung Dijebloskan ke Rutan Polda Bali 

DENPASAR, balipuspanews.com - Setelah dipanggil dan diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI)...

Budaya Bali, Kunci Pengembangan Pariwisata Medis

DENPASAR, balipuspanews.com - Wacana pariwisata medis bergulir sejak sepuluh tahun lalu di Bali dan berkembang secara alamiah. Kini dengan hadirnya Indonesia Medical Tourism Board...

Recent Comments

Facebook Comments