Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri karya memungkah, ngenteg linggih lan tawur balik sumpah di Pura Mrajapati, Banjar Pandean, Desa Adat Mengwi, Sabtu (22/9).
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Mengwi, Balipuspanews.com-Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri karya memungkah, ngenteg linggih lan tawur balik sumpah di Pura Mrajapati, Banjar Pandean, Desa Adat Mengwi, Sabtu (22/9).

Turut hadir Ketua DPRD yang diwakili I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, Danramil Ni Wayan Sunartini berserta tokoh masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Suiasa menyerahkan dana aci sebesar Rp. 800 juta.

Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi terkait dengan karya memungkah, ngenteg linggih lan tawur balik sumpah di Pura Mrajapati, Banjar Pandean Mengwi. Kehadiran Pemerintah di tengah-tengah masyarakat di Banjar Pandean Mengwi ini, sebagai wujud dukungan serta ikut ngrastitiang atau mendoakan semoga karya tawur balik sumpah berjalan dengan baik dan masyarakat serta jagat Badung diberikan pelindungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Lebih lanjut dikatakan, yadnya ini juga sebagai upaya mendorong dan meningkatkan rasa kebersamaan, menyama braya dan gotong royong diantara masyarakat.

“Yadnya sebagai salah satu wadah mempersatukan masyarakat, mempererat persaudaraan,“ jelasnya.

Ketua Panitia Karya I Nyoman Dwi Suama Artha mengatakan Pura Mrajapati Banjar Pandean sudah dibangun tahun 1927, dan sempat diperbaiki pada tahun 1994. Pura diempon oleh warga Banjar Pandean Mengwi dengan jumlah 58 KK.

“Pada Tahun 1994 pernah diperbaiki, namun karena di depan pura ini sudah menjadi jalan provinsi serta dilalui kendaraan besar sehingga penyengker dan beberapa pelinggih mulai dalam keadaan rusak. Untuk itu kembali diperbaiki lagi dua tahun yang lalu, dan sudah selesai setahun lalu bertepatan dengan puja wali Purnama Kapat, telah pula dipelapas alit. tahun ini dilanjutkan karya memungkah,” terangnya.

Pemuput karya Ida Sira Empu dari Griya Kediri, Ida Sira Empu Griya Munggu dan Ida Sira Empu Batu Bulan. Rangkaian karya telah dimulai pada redite pon prangbakat tanggal 26 Agustus 2018, sampai soma wage kulantir 5 November nanti.

Tinggalkan Komentar...