Wagub Cok Ace Jadi Penguji Tamu Sidang Terbuka Promosi Doktor

Wagub Cok Ace Tampil sebagai Penguji Tamu pada Ujian Terbuka Unud
Wagub Cok Ace Tampil sebagai Penguji Tamu pada Ujian Terbuka Unud

DENPASAR, balipuspanews.com – Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) menggelar Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor dengan promovenda Putu Ayu Sita Laksmi, B. Bus., M.Sc, di Gedung Pascasarjana, Kampus Unud Denpasar, Senin (27/6/2022).

Menariknya, pada ujian terbuka ini berbeda dengan ujian terbuka sebelum-sebelumnya. Pasalnya pada ujian terbuka promosi doktor pariwisata kali ini dihadiri praktisi sekaligus Wakil Gubernur Bali Cok Ace sebagai Penguji Tamu.

Disertasinya berjudul “Determinan Kinerja Industri Pariwisata dan Kesejahteraan Masyarakat di Kawasan Wisata Mandalika Lombok”. Promovenda hendak mengangkat determinan atau faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di Kawasan Wisata Mandalika di Lombok Tengah.

Hasil penelitian bahwa partisipasi masyarakat secara langsung belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan partisipasi masyarakat akan memberikan makna yang optimal dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat apabila dimediasi oleh kinerja industri pariwisata di kawasan wisata Mandalika Lombok.

Baca Juga :  Unud Jembatani Pasar Perikanan dan Kelautan Berbasis Aplikasi

Simpulan penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah, partisipasi masyarakat dan orientasi kewirausahaan dapat memberikan makna terhadap kinerja industri pariwisata.

Peran pemerintah, orientasi kewirausahaan dan kinerja industri pariwisata juga memberikan makna namun partisipasi masyarakat belum bermakna optimal terhadap kesejahteraan masyarakat.

Kesimpulan lainnya adalah peran pemerintah, partisipasi masyarakat dan orientasi kewirausahaan secara tidak langsung dapat memberikan makna pada kesejahteraan masyarakat melalui kinerja industri pariwisata di kawasan wisata Mandalika Lombok.

Dr. Putu Ayu Sita Laksmi, B. Bus., M.Sc merupakan doktor pariwisata ke 84  yang lahir dari rahim akademik Unud. Di bawah bimbingan Promotor Prof. Dr. Made Suyana Utama, SE., MS, dan Kopromotor I Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M. Litt, serta Kopromotor II  Dr. I Nyoman Sukma Arida, MSi, Laksmi dapat menyelesaikan studinya dengan baik sehingga dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar doktor.

Baca Juga :  Mahasiswa Arizona University Belajar Bahasa Indonesia di UNR

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si. yang akrab disapa Cok Ace, turut hadir sebagai penguji tamu bersama Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Bali yang juga mantan Ketua KPU Bali, Dr. Drs. A. A Gede Oka Wisnumurti, M.Si.

Dr. Putu Ayu Sita Laksmi, B. Bus., M.Sc merupakan dosen tetap   Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Warmadewa dan Komisaris PT. Tita Medica Sejahtera.

Laksmi menamatkan program sarjananya di James Cook University Singapore (2015) dan pascasarjana di Edinburgh Napier University, United Kingdom (2017).

Sumber: www.unud.ac.id

Editor: Oka Suryawan