Selasa, Maret 19, 2024
BerandaBadungWagub Harap Stakeholder Mampu Ciptakan Iklim Pariwisata Bali

Wagub Harap Stakeholder Mampu Ciptakan Iklim Pariwisata Bali

BADUNG, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati berharap para stakeholder pariwisata dapat melakukan diskusi dengan baik dalam meningkatkan iklim pariwisata di Bali dan mengajak seluruh stake holder pariwisata di Bali untuk bekerjasama dalam meningkatkan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti CHSE.

Penerapan CHSE (Clean, Healthy, Safety, dan Environment) dengan ketat, Kata Wagub karena dalam melakukan perjalanan wisata masyarakat atau para wisatawan saat ini lebih menginginkan kepercayaan bahwa di tempat tersebut adalah aman dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ketat.

Demikian dismpaikan Wagub Cok Ace saat menghadiri acara Simakrama Kepariwisataan Dalam Tatanan Kehidupan Bali Era Baru yang diselenggarakan atas kerjasama dari Pemerintah Provinsi Bali bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta seluruh stakeholder pariwisata terkait, bertempat di Panggung Terbuka, Discovery Mall, Kuta, Badung, pada Jumat (23/10).

Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa sejak dunia dilanda pandemi Covid-19 termasuk Bali memberikan dampak yang begitu signifikan terhadap kesehatan yang kemudian berimbas kepada ekonomi. Terlebih Bali sektor ekonominya sangat bertumpu pada pariwisata. Untuk itu, berbagai langkah telah dilakukan oleh Pemprov Bali dalam mengatasi hal tersebut khususnya membangun pariwisata di era covid ini.

BACA :  Kevin De Bruyne Cedera, Absen Perempat Final FA Melawan New Castle

Acara simakrama (gathering) stakeholder pariwisata Bali ini dilaksanakan atas inisiasi Pemprov Bali dengan bekerjasama dengan Kementrian Pairiwisata dan Ekonomi Kreatif RI terkait pelaksanaan program Bali Bangkit atau “We Love Bali” yang bertujuan untuk mensosialisasikan program pembangunan, mengimplementasikan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru (CHSE) dalam berwisata. Untuk itu, Wagub Cok Ace sangat mengapresiasi terselenggarakannya acara tersebut.

“Jangan sampai hanya karena satu atau dua tempat wisata yang melanggar protokol kesehatan, hal tersebut diexpose oleh media dan membuat ketidakpercayaan masyarakat domestik maupun internasional berkunjung ke bali, untuk itu saat ini penting bagi kita menjaga kepercayaan masyarakat bahwa kita mampu dalam menerapkan CHSE di dunia pariwisata,” pungkasnya.

Sementara itu, Duta Besar RI Untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun, yang turut hadir dalam simakrama tersebut melalui daring (zoom meeting) menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan Kegiatan We Love Bali yang mengajak masyarakat untuk melakukan perjalanan domestik, hal tersebut selain itu membangkitkan ekonomi setempat juga untuk mengajarkan masyarakat dan para pelaku usaha bagaimana menerapkan CHSE dengan ketat.

BACA :  Selama Bulan Suci Ramadhan, Pengelola dan Cewek Kafe Diminta Jaga Ketertiban

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa di Tiongkok saat ini kasus sudah menurun sangat signifikan, dimana dari 1.46 milyar penduduknya saat ini hanya ada 400an kasus, selain itu ada beberapa provinsi yang memang sudah tidak ada peningkatan kasus lagi.

Hal ini dikarenakan selain vaksin memang sudah ada, juga dikarenakan tingkat kedisiplinan masyatrakatnya dalam menerapkan CHSE , disamping itu China juga menerapkan sanksi hukum dan sosial jika ada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Diharapkan dengan pelajaran ini, Indonesia juga bisa menerapkan hal tersebut karena kepercayaan masyarakat internasional terkait kesiapan protokolnkesehatan sangat penting.

Disamping itu, ia juga menyampaikan bahwa saat ini pergerakan ekonomi di China sudah cukup signifikan pergerakannya, hal tersebut karena pemerintahnya membuka pintu domestik walaupun masih dalam penentuan jumlah lalu lintas orangnya.

Sedangkan terkait pembukaan internasional bordernya, sampai saat ini China sudah membuka namun hanya untuk kepentingan khusus semata bukan untuk wisatawan, sedangkan untuk pembukaan pariwisata internasional China masih menunggu waktu, melihat perkembangann kasus yang ada di dunia.

BACA :  Dinsos Denpasar Terima Kunjungan Staf Presiden RI

Ia berharap dari beberapa ide yang dapat dipetik dari China yaitu penerapan perjalanan domestik, maka indonesia juga bisa melakukan hal tersebut namun dengan catatan disiplin dalam penerapan CHSE. Ia berharap Bali sebagai jendela pariwisata dunia, dapat menjaga kepercayaan masyarakat dunia dalam penerapan CHSE sehingga pariwisata Bali bisa segera bangkit.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan talkshow dengan menghadirkan beberapa narasumber yaitu Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Kadis Pariwisata Provinsi Bali, Kepala BPBD Provinsi Bali, dan Kadis Pariwisata Kabupaten Badung.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular