Wagub Lepas Atlet Barongsai FOBI Bali, Siap Berlaga di Yogyakarta

Wagub Cok Ace mengenakan Jaket simbol pelepasan Atlet Barongsai yang akan bertarung di Yogyakarta, Jumat (30/9/2022)
Wagub Cok Ace mengenakan Jaket simbol pelepasan Atlet Barongsai yang akan bertarung di Yogyakarta, Jumat (30/9/2022)

DENPASAR, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok. Oka Sukawati melepas 21 atlet barongsai yang akan bertanding dalam ajang kejuaraan nasional barongsai lionk atau naga pada 5 hingga 9 Oktober mendatang di Yogyakarta.

Pelepasan atlet barongsai dan naga ditandai dengan pemakaian jaket FOBI kepada perwakilan atlet yang akan bertanding oleh Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok. Oka Sukawati yang didampingi oleh Penasehat Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Provinsi Bali Ketut Suteja Kumara.

“Dengan seleksi yang sangat ketat, saya yakin semuanya sudah mempersiapkan diri dengan baik. Dengan semangat juang dan pantang menyerah merupakan modal dasar yang paling penting harus dimiliki oleh para atlet yang akan berlaga,” hal ini disampaikan Wagub Bali saat acara pelepasan atlet barongsai dan naga, di Ruang Rapat Prajasabha, Kantor Gubernur Bali, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga :  Denpasar Kembali Gelar Parade Gong Kebyar Anak-anak dan Wanita

Ditambahkannya, kesiapan dan optimisme dan tekad yang bulat dari seluruh atlet, pelatih, official dan kontingen dapat mewujudkan prestasi yang gemilang.

“Setelah melalui berbagai persiapan yang cukup matang, sekarang saatnya kalian menunjukkan prestasi yang diharapkan untuk mengharumkan nama Provinsi Bali”, imbuhnya.

Selebihnya mari manfaatkan momentum kejuaraan barongsai tahun 2022 barongsai di Yogyakarta ini untuk meraih prestasi yang tinggi agar memberikan kebanggaan dan mengharumkan nama Bali di kancah nasional. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kejujuran serta bertingkahlaku yang baik dan sopan, sehingga mampu menjaga nama baik kontingen dan Bali pada umumnya.

“Dengan menjaga kekompakan, kerja sama, kebersamaan, menjaga kesehatan dan tugas masing-masing saya yakin seluruh kontingen dan atlet barongsai yang mewakili Bali akan siap bersaing dan mampu mewujudkan prestasi yang membanggakan,” tegas Wagub Bali yang akrab di sapa Cok Ace ini.

Baca Juga :  Remaja Dituntut Aktif Mengedukasi Permasalahan HIV/AIDS Sedini Mungkin

Salah satu delegator Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Provinsi Bali Titian Artha dalam laporannya menjabarkan bahwa sebanyak dua puluh satu (21) atlet dan 5 official akan mewakili Bali dalam ajang kejuaraan nasional barongsai lionk atau naga yang diselenggarakan di Yogyakarta pada awal bulan Oktober mendatang.

Dalam kejurnas yang akan datang, Bali akan bertanding di dua puluh empat (24) kategori yang diikuti oleh 16 Provinsi se-Indonesia.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa barongsai saat ini tidak hanya menjadi tradisi budaya namun saat ini sudah mulai merambah ke dunia atlet, dan kali ini adalah pertama kali mewakili Bali di tingkat nasional.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan