Selasa, Maret 19, 2024
BerandaDenpasarWagub Paparkan Upaya Pemprov Bali saat Pandemi

Wagub Paparkan Upaya Pemprov Bali saat Pandemi

DENPASAR, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyampaikan beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Bali untuk menggairahkan kembali pariwisata dan ekonomi Balu di tengah pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Cok Ace saat menjadi pembicara dalam Webinar yang mengangkat topik ‘Tourism Industry Post Covid 19: Survival and Revival Strategy’ yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom, di Ruang Rapat Wagub Bali, Jumat (16/10).

Turut juga diikuti dalam webinar tersebut secara virtual oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, pengusaha Sandiaga Uno serta Ketua Bali Tourism Board IB Partha Adnyana serta stakeholder kepariwisataan lainnya.

Cok Ace menyatakan, berbagai upaya pemulihan ekonomi terus dilakukan, baik itu berupa program dan stimulus ekonomi baik itu dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah diluncurkan seperti stimulus bagi pelaku UMKM, bagi para siswa SMA/ SMK, mahasiswa hingga media baik itu media cetak maupun online.

Disamping itu dengan bekerjasama dengan Bank Indonesia dan bank bank lainnya di Bali juga digelar pasar gotong royong untuk menyerap hasil-hasil pertanian dan perikanan.

BACA :  Warung Makan Jawa Timur Terbakar, Terdengar Ledakan Tabung Gas

“Pandemi Covid-19 berimbas signifikan bagi perekonomian masyarakat Bali dimana pada triwulan kedua 2020 pertumbuhan perekonomian Bali mengalami konstraksi yang cukup dalam hingga -10,98%,” paparnya.

Disamping itu, kata Cok Ace, pada sektor pariwisata pihaknya mengajak para pelaku industri pariwisata terus berbenah dengan menyiapkan penerapan protokol kesehatan baik pada objek wisata, hotel maupun restaurant sehingga tumbuh kepercayaan di kalangan wisatawan akan penerapan protokol kesehatan di Bali.

Disamping penerapan Clean, Health, Safety, and Environment ( CHSE), penerapan pembayaran non tunai dengan aplikasi QRIS terus digencarkan sehingga wisatawan akan merasa aman dan nyaman untuk berwisata ke Bali nantinya. Demikian pula halnya dengan pasar domestik yang terus dipacu dan pasar dosmetik ini merupakan peluang pasar yang cukup potensial.

Dari segi pemerintah, Wagub Bali menambahkan pemerintah menyiapkan sejumlah regulasi pendukung sebagai payung hukum serta terus melakukan perbaikan sarana prasarana seperti penambahan dan peningkatan kualitas dari Rumah Sakit, ruang isolasi, kapasitas laboratorium serta terus menjajaki kerjasama dengan pelaku industri di luar negeri dan survey trend pariwisata sebagai akibat dari Covid-19.

BACA :  Puluhan Cewek Kafe Terjaring Operasi

Dengan berbagai upaya yang dilakukan semua pihak baik itu pemerintah, pelaku industri pariwisata dan juga masyarakat diharapkan kepercayaan akan pariwisata Bali akan tumbuh dan pariwisata akan kembali bangkit.

Sementara Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dalam webinar menyampaikan bahwa pandemi ini adalah sebuah tantangan bagi semua tetapi jangan berputus asa.

“Kita harus terus bekerja keras dan mengambil setiap peluang yang ada dari tantangan yang kita hadapi. Di masa pandemi Covid -19 ini kita lakukan refocusing terhadap kualitas serta target pasar pariwisata kita sehingga kedepan pariwisata kita akan lebih berkualitas,” ujarnya.

Indonesia memilki potensi pariwisata yang sangat luar biasa untuk itu kita harus berkerja sama , bersemangat dan saling bahu membahu untuk kemajuan dan kebangkitan kembali pariwisata baik di Bali maupun Indonesia pada umumnya.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular