Wagub Sudikerta melaksanakan persembahyangan bersama pemedek upacara Mepepada serangkaian Wali Ngusabha Pemapagan di Pura Watu Klotok, Klungkung
sewa motor matic murah dibali

Klungkung, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dengan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali I Nyoman Astawa Riadi menghadiri dan melaksanakan persembahyangan bersama pemedek upacara Mepepada serangkaian Wali Ngusabha Pemapagan di Pura Watu Klotok, Klungkung, Kamis (2/11).

Seusai persembahyangan, saat diwawancarai awak media, Wagub Sudikerta menyampaikan upacara Mepepada pada hakekatnya bertujuan menyucikan hewan-hewan yang akan disembelih sebagai persembahan suci ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Di samping itu, juga mendoakan agar hewan-hewan persembahan itu diangkat derajatnya setelah reinkarnasi berikutnya.

Lebih jauh, Wagub Sudikerta menjelaskan serangkaian upacara Ngusabha juga digelar upacara Mulang Pakelem yakni persembahan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam wujudnya sebagai Bhatara Baruna di Pantai Watu Klotok yang bertujuan membersihkan alam Bali dari ‘keletehan’ dan memohon perlindungan alam Bali beserta isinya dari bencana.

“Pada hari ini juga dilaksanakan upacara Mulang Pakelem yang dimaksudkan untuk memohon kepada Bhatara Baruna agar alam Bali diberikan keteduhan dan dilindungi dari bencana-bencana yang mungkin terjadi kapan saja,” kata Sudikerta.

Upacara Ngusabha di Pura Watu Klotok yang diempon oleh Subak se-Kabupaten Klungkung, puncaknya dilaksanakan Jumat (3/11).

Sementara itu, pelaksanaan upacara Mulang Pakelem dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Bajing dari Griya Tegal Jingga Sumerta Denpasar dan Ida Dalem Surya Dharma Sogata dari Puri Agung Klungkung, serta turut dihadiri oleh Bupati Klungkung Nyoman Suwirta beserta istri dan Mantan Gubernur Bali Dewa Beratha.

Tinggalkan Komentar...