Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta
sewa motor matic murah dibali

Karangasem, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menyatakan, menyikapi perkembangan aktivitas Gunung Agung yang terus meningkat dan bahkan sejak Jumat malam (22/9) statusnya dari level III (siaga) meningkat menjadi level IV (awas).

“Maka diimbau kepada masyarakat yang masih berada di tempat yang telah ditetapkan sebagai kawasan rawan bencana (KRB) dengan radius 12 km, supaya segera mengungsi ke pos-pos pengungsian yang sudah ditetapkan demi kenyaman dan keselamatan bersama. Diharapkan dalam melakukan pengungsian masyarakat lebih mengutamakan keselamatan jiwa dibandingkan harta benda ,” kata Wagub Sudikerta saat mengunjungi para pengungsi di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Klungkung, dan Desa Ulakan, Manggis, Karangasem, Sabtu, (23/9).

Lebih lanjut Sudikerta mengingatkan kepada para pengungsi selama berada di tempat pengungsian, agar selalu menjaga kesehatan. “Kita hanya bisa pasrah dan jangan lupa berdoa untuk keselamatan bersama,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wagub Sudikerta yang didampingi oleh Asisten III Setda Provinsi Bali juga menyerahkan berbagai macam bantuan seperti beras, bawang putih, bawang merah, cabe, garam, sayur-sayuran dan juga selimut. Diharapkan sumbangan tersebut dapat meringankan beban para pengungsi dan memenuhi kebutuhan pangannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra mengatakan, semua pengungsi yang berada di GOR Swecapura dan sekitarnya telah mendapat penanganan , baik dari sisi pelayanan kesehatan, dapur umum, MCK dan termasuk pendidikan bagi anak-anak.

Lebih lanjut Winastra mengatakan, terkait jumlah pengungsi yang sudah terdata sampai dengan jam 10.30 Wita tercatat sebanyak 1.284 KK, 5.984 jiwa. Data ini akan terus bertambah mengingat masih banyaknya pengungsi yang datang dan belum tercatat.

Setelah meninjau tempat pengungsian GOR Swecapura, Klungkung, Wagub Sudikerta juga meninjau tempat pengungsian di Lapangan Desa Ulakan, Kecmatan Manggis, Karangasem, dan beberapa tempat pengungsian lainnya diwilayah Karangasem.

Pada kesempatan tersebut, Sudikerta juga menyerahkan bantuan berupa sembako, selimut dan terpal untuk tenda, dan kepada pengungsi Sudikerta selalu mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan jangan lupa berdoa untuk keselamatan. Data pengungsi di Desa Ulakan tercatat sebanyak 1.268 lebih. Sedangkan data pengungsi ter-up date di posko utama Tanah Ampo sampai dengan jam 12.00 Wita tercatat sebanyak 15.142 jiwa.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here