Wagub Sudikerta saat menghadiri upacara Karya mamungkah, ngenteg linggih, padudusan agung, menawa ratna di Pura Dadia Pasek Tohjiwa, Sidemen, Karangasem
sewa motor matic murah dibali

Karangasem, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengharapkan, supaya pelaksanaan upacara-upacara keagamaan yang bertujuan menghaturkan persembahan suci ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dilaksanakan dengan tulus ikhlas.

Pelaksanaan yadnya harus berdasarkan perasaan suci dari penyelenggaranya, berdasarkan sastra-sastra agama Hindu. Demikian disampaikan Wagub Sudikerta saat menghadiri upacara Karya mamungkah, ngenteg linggih, padudusan agung, menawa ratna di Pura Dadia Pasek Tohjiwa,Sidemen, Karangasem. Senin (30/10).

“Upacara-upacara keagamaan yang dilaksanakan harus dengan cara-cara tulus iklas serta dengan cara yang berkualitas pula, jangan sampai apa yang dihaturkan berasal dari ngebon, hasil mencuri, minjem, apa lagi sampai menjual warisan. Jika itu sampai terjadi, maka keturunan kita yang akan mendapatkan karma yang jelek,” tegas Sudikerta.

Wagub Sudikerta berharap, agar semua krama dapat bersatu untuk menjaga kesucian dan kelestarian pura. “Harapan saya kepada seluruh masyarakat yang menyungsung pura ini agar dalam melaksanakan upacara ini supaya seluruh masyarakat menyatukan pikiran serta menjaga kesucian dan kelestarian pura ini agar tetap ajeg dan lestari,” ujarnya.

Sudikerta juga menekankan, bahwa tidak hanya melalui sembah bakti kita melakukan yadnya namun dengan memperhatikan pembangunan pura dan beryadnya antar sesama juga dapat dikatakan sebagai yadnya.

Sementara itu Ketua Panitia Jero Mangku Martha Dinata mengucapkan terima kasih, atas kehadiran Wakil Gubenur dan sekaligus memaparkan dudonan karya yang dimulai pada tanggal 22 Agustus 2017 hingga 30 Oktober 2017.

Di antaranya, puncak upacara dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2017, serta penyineban dilaksanakan hari ini tanggal 30 Oktober 2017 yang dipuput oleh Ida Pandita Mpu Nabe Dharmika Tanaya, Ida Pandita Mpu Nabe Daksa Merta Yoga, Ida Pandita Mpu Nabe Jaya Putra Pemuteran.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Sudikerta didampingi Kepala Biro Perekonomian I Nengah Laba.

Tinggalkan Komentar...