Senin, Juni 17, 2024
BerandaBadungWaka Polres Badung Sidak Rutan Antisipasi Masuknya Barang Terlarang

Waka Polres Badung Sidak Rutan Antisipasi Masuknya Barang Terlarang

MANGUPURA, balipuspanews.com – Wakapolres Badung Kompol I Ketut Dana, SH didampingi Kasat Tahti Iptu I Nyoman Nada, melaksanakan sidak di beberapa ruang tahanan Polres Badung. Sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang merugikan  terhadap tahanan dan anggota Polri yang berjaga.

Sementara itu, sidak ini juga diikuti jajaran Polsek di wilayah Polres Badung seperti Polsek Kuta Utara.

Sidak yang berlangsung di Mako Polres Badung ini dilaksanakan pada Minggu (16/1/2022) sore hari. Sasarannya selain petugas jaga dan para tahanan, juga mengecek kesehatan serta barang-barang yang tidak boleh berada di dalam ruang tahanan.

Seperti korek api, sarung, barang-barang tajam, sendok besi, dan lainnya. Dari hasil pengawasan, 54 orang tahanan baik dari tahanan Polri (28 orang) maupun tahanan titipan kejaksaan (26 orang) semuanya sehat.

“Petugas jaga tahanan memang selalu siaga, tahanan pun harus sehat dan tidak ada barang-barang yang dilarang oleh aturan didalam ruang tahanan,” jelas Kompol Dana.

Mantan Kabag Sumda Polresta Denpasar mengatakan sidak ini dilaksanakan guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Menurutnya yang harus dilaksanakan adalah penerapam Standart Operasinal Prosedur (SOP).

BACA :  Polisi Tolak Penangguhan Boss Gas Elpiji, Ini Alasan Penolakan Kompol Laorens

“Sehingga tidak ada tahanan yang melarikan diri, sakit atau meninggal dunia yang tidak diketahui,” ungkapnya.

Sementara bagian lain, sidak tahanan juga dilaksanakan Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kurniawandari SH., S.I.K, didampingi KSPK II Aiptu I Made Artama dan Ps. Kanit Propam Aiptu I Made Sudana, pada Selasa (18/1/2022).

Pelaksanaan sidak dilakukan untuk memastikan kondisi tahanan dalam keadaan sehat, aman dan lengkap serta memastikan barang-barang berbahaya.

Dalam sidak, Kompol Diah juga memberikan penekanan kepada petugas jaga tahanan agar melaksanakan tugas dengan baik sesuai SOP yang berlaku.

Selama pelaksanaan sidak tidak di ketemukan barang barang yang di larang, tahanan Polsek Kuta Utara berjumlah 4 orang dalam keadaan sehat.

“Sidak ini dilakukan secara berkala setiap 2 jam sekali untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuh Kompol Diah.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular