Selasa, Maret 19, 2024
BerandaAdvertorialWakil Gubernur Cok Ace Menghadiri Upacara Manusa Yadnya Massal Kusa Pranawa di...

Wakil Gubernur Cok Ace Menghadiri Upacara Manusa Yadnya Massal Kusa Pranawa di Kintamani

Bangli, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorsa Oka Artha Ardana Sukawati berkesempatan menghadiri upacara Manusa Yadnya Massal Kusa Pranawa di Desa Dinas Belantih, Kecamatan Kintamani, Bangli (15/9). Dalam kesempatan itu, Cok Ace nama sapaannya sangat mengapresiasi masyarakat yang masih mengedepankan semangat menyame braya dalam menjaga tradisi dan kebudayaan Bali. Menurutnya, bagaimanapun spirit itulah yang akan menjaga keajegan Bali ke depannya.

Disamping itu, Dia juga meneruskan, implementasi dari upacara massal tersebut bisa menekan biaya yang diperlukan, sehingga tidak terlalu membebankan krama. “Dengan pelaksanaan ngaben massal seperti ini, masyarakat kurang mampu pun bisa ikut berpartisipasi tanpa terlalu dibebankan biaya yang sangat tinggi,” jelasnya.

Ke depan, Ia berharap semangat seperti ini tetap dipertahankan. Tidak usah ada perasaan gengsi mengikuti upacara secara massal seperti saat ini, karena disinilah menurutnya spirit menyame braye bisa diperkuat.

Sementara itu Bendesa Adat Selulung Belantih, Wayan Karmawan, menyatakan upacara pitra yadnya seperti ini memang rutin digelar di desanya. Untuk saat ini upacara dilaksanakan di wantilan desa adat Selulung, Belantih. Upacara ini diikuti oleh sekitar 73 sawa dari 17 dadia di desa tersebut. Sementara untuk puncak acara akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober mendatang, (rls/bpn/min).

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular