Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengWakili Bali di Seleknas Pemuda Pelopor 2020, Keduanya Yakin Bisa Beri Yang...

Wakili Bali di Seleknas Pemuda Pelopor 2020, Keduanya Yakin Bisa Beri Yang Terbaik

BULELENG, balipuspanews.com – Dua anak muda dari Kabupaten Buleleng mewakili Provinsi Bali dalam seleksi nasional (Seleknas) Pemuda Pelopor tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata membenarkan bahwa kedua pemuda itu ditunjuk oleh Disdikpora Provinsi Bali untuk mewakili Bali dalam ajang nasional Pemuda Pelopor tahun 2020

“Ya. Ada dua anak muda kita yang ditunjuk oleh Disdikpora Provinsi Bali untuk mewakili Bali dalam ajang nasional Pemuda Pelopor tahun 2020,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/9/2020).

Lanjut Surya Bharata menjelaskan dua anak muda tersebut merupakan duet Pemuda Pelopor Kabupaten Buleleng tahun 2019. Mereka dipilih berdasarkan Surat Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali nomor 427/57818/PORA/Disdikpora tertanggal 28 Agustus 2020.

Surat tersebut Rekomendasi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2020. Kedua Anak muda tersebut yakni Made Agus Janardana dan I Gede Praja Mahardika Sujana Putra.

BACA :  Diduga Culik dan Sekap Anak Berusia 8 Tahun, Bule Asal Amerika Ditangkap

“Secara teknis kedua Pemuda Pelopor ini telah melakukan persiapan maksimal di bidang masing masing. Mereka saat ini memiliki karya kepeloporan yang sudah terbukti. Kita yakin mereka akan melakukan yang terbaik untuk Buleleng dan Bali,” jelasnya

Tak hanya itu, sebagaimana direkomendasi Disdikpora Provinsi Bali, Made Agus Janardana, pemuda asal Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan ini akan mengikuti seleksi di bidang Sumber Daya Alam (SDA), lingkungan dan pariwisata. Sedang I Gede Praja Mahardika Sujana Putra, pemuda asal Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada ini akan mengikuti seleksi di bidang inovasi teknologi.

“Mereka akan mengikuti penilaian dan fact finding secara virtual dari tim seleksi Kemenpora RI di bulan ini. Selanjutnya akan diumumkan saat bulan Pemuda, Oktober mendatang,” ungkapnya

Disisi lain, Made Agus Janardana, pemuda yang biasa dipanggil Agus Janar ini merupakan kreator Wajah Plastik, bahkan dirinya dikenal juga sebagai karakter Manusia dengan Operasi Plastik (Made Oplas).

Wajah Plastik merupakan salah satu solusi kreatif dalam menyelamatkan sampah plastik. Sampah-sampah plastik tersebut akan dibuat menjadi karya seni yang mempunyai nilai lebih yaitu edukasi, sosial, berbasis lingkungan, wirausaha, seni, dan teknologi.

BACA :  Edan, Gadai Emas Pacar, Uangnya Malah Dibagikan ke Pacar

“Wajah plastik sudah sampai ke mancanegara bahkan dua menteri sudah memilikinya. Wajah Plastik juga sudah memiliki sertifikat HAKI. Yang akan saya presentasikan pada seleknas nanti adalah wajah plastik dengan barcode. Barcode tersebut berfungsi untuk bukti keaslian dan juga pemiliknya,” terangnya

Sementara itu, I Gede Praja Mahardika Sujana Putra atau yang akrab disapa Praja merupakan pekerja/pemerhati lingkungan. Dirinya sering mengedukasi masyarakat dalam pemanfaatan sampah bagi kebaikan lingkungan. Tentunya dengan teknologi-teknologi terkini. Seperti pembuatan ekoenzim dan ekobrik.

“Nantinya saya akan menyajikan kegiatan saya mengedukasi masyarakat sebagai upaya pemeloporan di masyarakat utamanya tentang ekobrik dan juga bioreftek sebagai usaha pelestarian lingkungan. Saya lebih kepada edukasinya,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular