Rabu, April 17, 2024
BerandaAdvertorialWakili Tabanan dalam Penilaian Puskesmas Berprestasi, Puskesmas Selemadeg Barat Dinilai.

Wakili Tabanan dalam Penilaian Puskesmas Berprestasi, Puskesmas Selemadeg Barat Dinilai.

Tabanan, balipuspanews.com – Puskesmas Selemadeg Barat yang menjadi Wakil Kabupaten Tabanan dalam lomba Puskesmas berprestasi Tingkat Provinsi Bali ,Rabu(16/05) dinilai tim provinsi. Penilaian tersebut dihadiri langsung oleh  Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Kehadirannya adalah sebagai bentuk motivasi dan dukungan kepada Puskesmas Selemadeg Barat dalam mengikuti  penilaian tersebut.

Penilaian Puskemas berprestasi bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi  fasilitas kesehatan tingkat pertama(FKTP) dalam meningkatkan  peran serta leading sektor dan semua komponen masyarakat

Turut hadir mendampingi Kadis Kesehatan Kabupaten Tabanan I Nyoman Suratmika, Camat Selemadeg Barat I Gede Ketut Suyana Putra,dan  Unsur Tripika Kecamatan Selemadeg Barat.

Dalam sambutannya Bupati Eka Wiryastuti mengatakan di Tabanan sudah secara bertahap membangun Puskesmas yang representatif dan layak baik sumber daya manusia, sarana dan prasarana dan operasionalnya.

 “Kami membangun secara bertahap, baik itu sumber daya manusia, sarana dan prasarana dan operasionalnya dengan rawat inap di setiap kecamatan, yang kami namakan puskesmas semesta berencana. Salah satunya puskesmas Selemadeg Barat ini,”ujar Bupati Eka.

BACA :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih Pura Sang Hyang Landu

Dirinya juga mengingatkan kembali mengenai cara pandang kesehatan yang didengungkan selama ini yaitu paradigma sehat. Dimana hal tersebut mengedepankan usaha promotif dan preventif dengan tidak mengabaikan usaha kuratif dan rehabilitatif. Peranan tenaga kesehatan di puskesmas sebagian besar adalah upaya kesehatan masyarakat yang didukung upaya kesehatan perorangan melalui pengobatan dan rehabilitasi.

“ Semakin meningkatnya kualitas kesehatan di bidang promotif, preventative dan kuratif dapat meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas menjadi lebih baik. Sehinggga apa yang menjadi Visi Tabanan Serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi dapat terwujud,”jelasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Tabanan I Nyoman Suratmika memaparkan Puskesmas Selemadeg Barat merupakan 1 dari 20 puskesmas yang ada di Tabanan dengan kategori puskesmas pedesaan, status non perawatan, dengan jumlah jejaring pelayanan kesehatan,7 buah puskesmas pembantu, 4 buah poskesdes, 11 desa dan 73 dusun dan 73 posyandu balita dengan 365 kader.

“ Puskesmas Selemadeg Barat didukung 81 orang tenaga kesehatan, dengan klasifikasi medis, perawat, bidan, perawat gigi, kefarmasian, gizi, kesehatan masyarakat, sanitarian dan tenaga teknis lainnya,”jelasnya.

BACA :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih Pura Sang Hyang Landu

Kata Suramika,  Puskesmas Selemadeg Barat selama ini  telah melakukan beberapa inovasi guna meningkatkan manajemen dan kinerjanya  seperti seppema, si klepon, rapikepler, dan angkah seatap.

  Sementara Ketua Tim Penilai Provinsi I Made Suwirta mengatakan  tujuan lomba  puskemas berprestasi adalah untuk memberikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi  fasilitas kesehatan tingkat pertama(FKTP) dalam meningkatkan  peran serta leading sektor dan semua komponen masyarakat . Untuk itu keikutsertaan semua pihak tentu diharapkan untuk mendorong keberhasilan pembangunan khususnya pembangunan di bidang kesehatan.

“ Untuk puskesmas selemadeg barat yang menjadi duta Kabupaten Tabanan dalam penilaian lomba puskesmas berprestasi ini sudah terakreditasi dengan kategori madya. Akreditasi merupakan salah satu mekanisme untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja fasilitas kesehatan yang dilakukan lembaga independen,”ucapnya.

Suwirta melanjutkan, bahwa   penilaian  di Kabupaten Tabanan  merupakan yang keempat, dengan tim yang berjumlah  23 orang. Penilaian meliputi bidang Upaya Kesehatan Masyarakat(UKM), Upaya kesehatan perorangan(UKP) dan  Penilaian administrasi.

“ Dari penilaian ini akan dipilih tiga juara, dan juara satu berhak mewakili Bali di tingkat nasional,”ujarnya.

BACA :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih Pura Sang Hyang Landu

Di kesempatan itu Bupati Eka juga menyerahkan Buku Investasi kepada Tim penilai, yang secara simbolis diterima ketua tim I Made Suwitra serta melakukan peninjauan terhadap pelayanan, sarana dan prasarana di puskesmas selemadeg baratTabanan, (rls/bpn/min).

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular