Walau Libur, DHLP Klungkung Pastikan Sampah tak Menumpuk Galungan
Bupati Nyoman Suwirta memantau langsung pengangkutan sampah dikawasan kota semarapura, KLungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com -Datangnya hari raya dipastikan akan berimbas pada menumpuknya sampah rumah tangga warga diperkotaan dikawasan  Kabupaten Klungkung. Tampak seperti saat hari penampahan Galungan Selasa(18/2) saja ,sampah sampah rumah tangga maupun dikawasan Pasar Semarapura maupun Galiran mulai kelihatan sedikit menumpuk.

Kondisi ini disebabkan petugas kebersihan banyak yang dilikupi kesibukan masing masing berhubung hari penampahan Galungan petugas kebersihan hanya diangkut sekali.

Dari pengamatan warga kondisi sampah dipasar Galiran maupun di seputaran jalan srikandi Semarapura tampak sampah sampah mulai menumpuk hingga jam 14.30 belum terangkut petugas kebersihan Selasa(18/2).

Rupanya situasi ini mendapat atensi dari orang nomor satu dibumi serombotan Klungkung yaitu Bupati Nyoman Suwirta. Beliau tampak turun langsung usai acara megibung di RJ Bupati dengan staf Rumah tangga RJ Bupati.

Sekitar pukul  13.00  Bupati Suwirta tampak menyusuri seluruh sudut kota Semarapura untuk memantau langsung kondisi pengangkutan sampah rumah tangga ini. Dengan dibarengi langsung Kadis DLHP Klungkung Anak Agung Gede Kirana  langsung memonitor pengangkutan sampah ini bisa tuntas dilaksanakan petugas pengangkutan sampah yang bertugas..

Anak Agung Gde Kirana  menyatakan untuk penanganan kebersihan dan pengangkutan sampah ini Saat Hari Penampahan Galungan Selasa(18/2)hanya dilakukan satu kali saja , yaitu jam 13.00  siang.

Hal itu dilakukan menurutnya karena saat pagi hari para petugas kebersihan diberikan kesempatan untuk   melaksanakan kegiatan menyambut Hari Penampahan Galungan.

“ Untuk galungan tidak ada pengangkutan, mohon masyarakat untuk menahan dulu sampahnya dimasing masing rumah tangga warga ,”Ujarnya mempermaklumkan.

Dijelaskan Lebih lanjut ,dirinya memastikan walaupun hari raya Galungan petugas kebersihan libur ,sampah tidak akan menumpuk karena produksi sampah rumah tangga tidak begitu banyak.

Namun begitu Anak Agung Kirana secara tegas menyebutkan jika ada penumpukan sampah dihari Manis Galungan petugasnya akan all out mengangkut sampah hingga kota semarapura bersih kembali.

“ Walaupun saat Hari Raya Galungan Libur kita pastikan di Hari Manis Galungan petugas kami akan melakukan pengangkjutan bisa sampai 4 kali berurut turut hingga tuntas,”Pungkasnya.(Roni/BPN/tim)