Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

DENPASAR, Balipuspanews.com – Bertepatan dengan rahina Buda Umanis Medangsia, Rabu (16/1) dilaksanakan upacara Pemlaspasan, Mendem Pedagingan dan Pujawali di Pura Dalem Kahyangan Umadui Desa Pakraman Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Sejak pagi hari masyarakat sekitar sudah nampak berbondong- bondong mengikuti rangkaian upacara dengan khidmat. Dalam kesempatan itu turut hadir Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Prajuru Adat, Pangempon Pura, Camat Denpasar Barat, A.A Ngurah Made Wijaya serta perwakilan sejumlah OPD dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan upacara Pemlaspasan, Mendem Pedagingan dan Pujawali di Pura Dalem Kahyangan Umadui Desa Pakraman Padangsambian Klod, Denpasar Barat merupakan upacara Dewa Yadnya yang hendaknya dilaksanakan oleh masyarakat dengan tulus ikhlas.”Sehingga nanti akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dapat mendukung pembangunan di Kota Denpasar berlandaskan agama, seni dan budaya”ujar Rai Mantra.

Pamucuk Karya, Wayan Agus saat dijumpai mengatakan rangkaian upacara Pemlaspasan, Mendem Pedagingan dan Pujawali di Pura Dalem Kahyangan Umadui Desa Pakraman Padangsambian Klod, Denpasar Barat sudah dimulai sejak Soma Umanis Sungsang, 17 Desember 2018 diisi dengan Nuasin Karya, kemudian pada Redite Wage Kuningan, 30 Desember dilaksankaan Mekarya Genah Banten, kemudian Anggara Pon Langkir, 8 Januari 2019 dilaksanakan upacara Pedengen- dengenan, dilanjutkan Wrespati Kliwon Langkir, 10 Januari 2019 dilaksanakan Mendak Kulkul, Ngaturang Yasa Kerti dan Ngunya Kul-kul, dilanjutkan pada Sukra Umanis Langkir, 11 Januari 2019 dilaksanakan Mendak Pratima di Gianyar, Mendak Pratima di Kerobokan serta Nyanggra Pratima ring Wates Desa Sisi Kaja dilanjutkan pada Redite Pon, Medangsia, 13 Januari 2019 dilaksanakan Mapenangkilan ring Pura Dalem Puri Penataran Besakih, Nunas Tirta, Mendak Nuntun Ring Pura serta Ulun Kul-kul kemudian pada Soma Wage, Medangsia, 14 Januari 2019 dilaksanakan Memben Banten, Nunas Tirta dilanjutkan pada Angara Kliwon Medangsia, 15 Januari 2019, dilaksanakan Memben Banten, Pedengen – dengenan, Ngias, Ngajum dan Ngreket Tirta” ungkap Wayan Agus.

Dilanjutkannya, hari ini tepatnya hari ini, Buda Umanis Medangsia, 16 Januari 2019 dilaksanakan puncak acara Mecaru, Memukuh, Melaspas, Pasupati, Mendem Pedagingan, Ngelinggihan Ida Bhatara, Pujawali, Palawatan Lunga, Palawatan Masolah, dan Pengilen Mangku. Di Pura Penataran, Pura Dalem dan Pura Cungkub dipuput oleh Ida Peranda Hriya Tegal Jingga sementara di Pura Prajapati dipuput oleh Ida Peranda Griya Gede Tapak Gangsul. Rangkaian upacara ditutup pada Saniscara Wage Medangsia, 19 Januari 2019 diisi dengan Meprani di Banjar Umadui, Banjar Jabapura dan Banjar Batubolong serta Ngelukar” ujarnya.

Sementara Perbekel Desa Padangsambian Klod, I Gede Wijaya Saputra mengatakan pada 16 Januari ini dilaksanakan upacara Pemlaspasan, Mendem Pedagingan dan Pujawali di Pura Dalem Kahyangan Umadui Desa Pakraman Padangsambian Klod, Denpasar Barat dimana pembangunan Pura Dalem Kahyangan dan Pura Prajapati Umadui dilaksanakan sejak tahun 2017. “Pura ini diempon oleh sekitar 1200 KK (Kepala Keluarga) dari 12 Banjar dilingkungan kami. Semoga upacara Yadnya yang kami laksanakan ini dapat terlaksana dengan baik dan menjadi berkah bagi masyarakat kami” kata Gede Wijaya Saputra.

Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra saat itu juga turut mengikuti rangakaian upacara yaitu Mendem Pedagingan di Gedong Pura Dalem Kahyangan Umadui, (rls/bpn/min).

Advertisement
Loading...