Warga ikuti ritual aci keburan di Pura Hyang Api Klusa, Payangan
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Gianyar, balipuspanews.com-  Tradisi aci keburan atau tabuh rah di Pura Hyang Api Klusa, Payangan, Gianyar tetap semarak Sabtu ( 9/6) 2018 yang bertepatan dengan hari raya Kuningan. Warga dari berbagai daerah sudah datang sejak pukul 04.00 subuh untuk melangsungkan ritual yang telah berlangsung turun temurun itu.

Wayan Sudirga, salah satu warga Klusa menyebutkan, mulai Kuningan tradisi tersebut akan berlangsung secara berturut- turut hingga enam hari kedepan. Selanjutnya baru berlangsung setelah nemu Kliwon hitungan Panca Wara dalam kalender Bali.

Aci keburan adalah bentuk wujud syukur warga atas rahmat Ida Bhatara Hyang Api. Umumnya terkait dengan binatang peliharaan yang selamat sesuai harapan warga,” ujar Sudirga.

Ritual sendiri dilangsungkan dijaba sisi dan jaba tengah. Umumnya, warga yang datang tidak memilih lawan saat mengadu ayam. Begitu langsung ketemu langsung jadi. Usai melangsungkan aci keburan warga langsung melakukan persembahyangan di utama mandala pura sebagai wujud syukur.

Ritual aci keburan berlangsung setiap enam bulan sekali. Ritual tersebut berbeda dengan tajen pada umumnya. Ritual dilangsungkan secara massal. Ini seakan menjelaskan kalau ritual tersebut adalah yadnya untuk membayar kaul.

“ Yang jelas dalam pelaksanaan ritual tidak boleh ada yang curang,” tegas Sudirga. ( sur)

 

 

Advertisement

Tinggalkan Komentar...