Warga Kampung Kusamba dan Gelgel Gelar Tradisi Safaran sebagai Ungkapan Syukur

Warga Kampung Kusamba dan Kampung Gelgel menggelar tradisi perayaan Safaran yang kental nuansa Bali di Pantai Kusamba, Kamis (22/9/2022)
Warga Kampung Kusamba dan Kampung Gelgel menggelar tradisi perayaan Safaran yang kental nuansa Bali di Pantai Kusamba, Kamis (22/9/2022)

SEMARAPURA, balipuspanews.com
Ratusan masyarakat dari kampung Kusamba dan Gelgel kembali menggelar tradisi perayaan Safaran yang kental nuansa Bali di Pantai Kusamba, Kamis (22/9/2022).

Perayaan Safaran merupakan tradisi yang digelar setiap tahun di wilayah ini. Dalam tradisi ini digelar doa bersama di pantai sebagai ungkapan syukur serta permohonan perlindungan kepada sang pencipta.

Secara terpisah dihubungi, Dandim Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si menyampaikan bahwa kampung Kusamba merupakan Kampung yang penduduknya berasal dari beragam etnis.

Namun dari beragam etnis tersebut, keseimbangan dan harmonisasi hubungan yang terjadi dalam masyarakat terjalin dengan baik hingga saat ini, termasuk dengan desa-desa yang ada di sekitarnya.

Baca Juga :  HUT ke-77 TNI, Presiden: TNI Harus Siap Hadapi Perubahan Geopolitik

“Seperti halnya tradisi Safaran yang digelar setiap tahun ini masih tetap lestari karena kuatnya hubungan harmonisasi di wilayah tersebut dengan lingkungan lainnya, “terangnya.

Dirinya berharap semoga dengan pelestarian tradisi-tradisi seperti ini yang kental nuansa Balinya ini akan semakin meningkatkan rasa syukur kita atas berkah yang diberikan sang pencipta serta menumbuhkembangkan dan menguatkan persatuan dan kesatuan masyarakat baik di lingkungan tersebut dan wilayah Klungkung umumnya semakin aman, tertib dan kondusif.

“Kondusifitas wilayah dapat terjaga dengan baik tak lepas dari keberhasilan pembinaan wilayah yang di gelar oleh seluruh pihak, baik pemerintah daerah, prangkat desa beserta masyarakat termasuk Babinsa, “pungkasnya.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
balipuspanews android aplikasi
sewa mobil termurah dibali
sewa motor matic murah dibali