Warga Lebih Keluhkan Asap Hasil Kebakaran TPA Temesi

Kondisi asap yang menyelimuti wilayah Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar akibat terbakarnya TPA Temesi, Jumat (21/6) dinihari. - Foto: Ketut Catur Kusumaningrat.

GIANYAR, Balipuspanews.com – Akibat terbakarnya tumpukan sampah di TPA Temesi beberapa waktu lalu ternyata berdampak sampai saat ini, asap yang ditimbulkan oleh kebakaran nampak berterbangan dan menyelimuti Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Jumat (21/6).

Seperti pantauan Balipuspanews.com pada Jumat (21/6) Pagi buta terlihat ruas jalan di Wilayah lebih diselimuti asap berbau tipis, asap ini sudah muncul sejak beberapa hari yang lalu.

Asap tersebut juga berbau cukup menyengat, bahkan beberapa masyarakat mengeluhkan sesak nafas.

“Baunya menyengat pak, asap sangat mengganggu kami. Hampir setiap hari sejak kebakaran TPA Temesi Desa Lebih terpapar asap ini,” ujar Lugraha salah satu warga lebih.

Beberapa hari yang lalu, Rabu (19/6) Ketua Komisi IV DPRD Provonsi Bali I Nyoman Parta juga sempat mengunjungi TPA temesi untuk meninjau secara langsung kondisi pasca kebakaran.

Dalam akun media sosial Facebook Parta menuliskan perasaannya saat mengunjungi TPA Temesi ini.

“Dua setengah jam di lokasi TPA Temesi,  membuat kepala saya puyeng juga, perut terasa mual, jadi wajarlah masyarakat Desa Lebih mengeluh karena desanya pada setiap malam hari terpapar asap,” tulisnya.

Parta juga menuliskan bahwa pada saat inilah Pemda sehendaknya membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST, red) di beberapa Kecamatan.

“Menurut saya sudah saatnya Pemda Gianyar membangun TPST di beberapa Kecamatan,” katanya.(catur/bpn/tim).