Bupati Suwirta menghadiri acara Cleanup Day di Pantai Lepang Klungkung
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapura,balipuspanews.com– Warga Takmung, Klungkung bersama pelaku pariwisata mengelar bhakti sosial membersihkan kawasan Pantai Lepang Sabtu ( 15/9/2018) pagi. Aksi yang dimotori oleh Windham Taman Sari Jivva Ressort Bali yang tergabung dalam hotel asociation itu serangkian kegiatan World Cleanup Day yang dihelat secara serentak di 150 negara.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta bersama General Manager ( GM) Windham Taman Sari Jivva Ressoort Bali, Agus Suananda ikut hadir dalam acara pembersihan yang dilangsungkan dari kawasan Pantai Sidayu hingga Pantai Lepang.

Kegiatan ini merupakan program aksi sosial yang bertujuan untuk memerangi masalah sampah secara global, termasuk masalah sampah laut. Dalam kegiatan WCD ini juga dapat  menghubungkan orang-orang dan organisasi diseluruh dunia yang bertujuan membuat bumi ini bersih dari sampah serta meningkatkan kesadaran setiap individu untuk membuang sampah pada tempatnya.

Dan Untuk Wilayah Kabupaten Klungkung, kegiatan World Cleanup Day (WCD) dilaksanakan di pesisir Pantai Lepang, Jumpai dan Kusamba. Untuk Dipantai Lepang Kegiatan WCD melibatkan ratusan orang, yang terdiri dari pelaku wisata, sekolah dasar, beberapa Komunitas, masyarakat setempat dan lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan, sampah merupakan salah satu ancaman serius yang dapat memberikan dampak buruk diberbagai sektor. Dalam menangani permasalahan sampah, Pemkab Klungkung sudah memiliki Program inovasi, yakni Program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS), dimana hasil olah sampah dengan melalui TOSS ini dapat menghasilkan Bahan Bakar untuk memasak dan listrik, yang merupakan hasil kerjasama dengan STT PLN jakarta. Diharapkan melalui Program inovasi Pemkab Klungkung ini dapat menjadi rujukan nasional dalam hal menanggulangi sampah.

“ TOSS mulai dari Klungkung untuk Indonesia,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga mengajak desa – desa di wilayah Kabupaten Klungkung yang belum menerapkan Program TOSS, agar segera menerapkannya.

Bupati Suwirta juga berharap kedepannya agar melalui kegiatan World Cleanup Day, masyarakat Klungkung dapat bersama-sama menjaga lingkungan untuk tetap bersih.

Sementara itu GM Agus Suananda menyebutkan, kebersihan seluruh kawasan pantai menjadi tanggung jawab bersama. Dirinya juga menyinggung aksi yang digelar sebagai hari bersejarah karena jutaan masyarakat dunia menjaga kebersihan pantai.

“ Bali sebagai destinasi pariwisata perlu menjaga kebersihan kawasan utamanya seputar pantai ini, disamping itu sebagai langkah kedepan, kita akan komit perangi sampah serta kepedulian warga terhadap kebersihan sehingga wisatawan makin betah berkunjung ke Bali,” ujarnya

Dalam Kegiatan World Cleanup Day yang diadakan di pantai Lepang ini juga diadakan Bali Internasional Coastal CleanUp Day. (Roni)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...