Senin, Juni 24, 2024
BerandaKlungkungWarga Tempek Dangin Sabang Besan Keluhkan Distribusi Air PDAM, Wabup Kasta: Segera...

Warga Tempek Dangin Sabang Besan Keluhkan Distribusi Air PDAM, Wabup Kasta: Segera Upayakan Tertangani

SEMARAPURA, balipuspanews.com
PDAM Panca Mahottama Klungkung masih kekurangan kapasitas air bersih untuk disalurkan ke sambungan rumah di Kecamatan Dawan, salah satunya warga Suka Duka Dharma Sentana, Tempek Dangin Sabang Banjar Kanginan, Desa Besan, Kecamatan Dawan.

Keluhan ini diterima langsung Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta didampingi Anggota DPRD Klungkung A.A Gede Sayang Suparta, Camat Dawan, Dewa Widiantara, Perbekel Desa Besan, Ketut Yasa di Balai Suka Duka Dharma Sentana, Tempek Dangin Sabang Banjar Kanginan, Desa Besan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin (29/5/2023).

Kepala Desa Besan, Ketut Yasa mengatakan dari pihak desa sudah berkordinasi ke PDAM Panca Mahottama Klungkung agar bisa teraliri air bersih. Dimana sebelumnya masyarakat mendapatkan air bersih dari UDAKA (Usaha Dawan Kaler). Karena ada kendala dan datang musim kemarau 90 Kepala keluarga di Tempek Dangin Sabang pasti kekurangan air bersih.

Lebih lanjut Ketut Yasa menambahkan untuk di Desa Besan sudah ada sumur bor. Pihaknya sudah berkolaborasi agar ditambahkan mesin pendorong.

BACA :  Diduga Depresi, Perempuan Tewas Gantung Diri di Kamar Kos

“Sumur bor yang dibuat sudah berhasil sekarang tinggal diperlukan pompa pendorong untuk dibawa ke bak menampung dan bisa dialirkan kerumah warga tempek sabang kanginan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta meminta PDAM Panca Mahaotama Klungkung untuk segera menanggapi keluhan masyarakat yang ada di Tempek Dangin Sabang. Dimana sudah dari dulu warga dangin sabang tidak pernah mendapatkan air bersih dari PDAM.

Dirinya juga meminta kepada masyarakat untuk mengantisipasi keluhan dan memposting di media sosial.

“Apapun permasalahan yang ada jangan membahasanya dimedia sosial. Kalau berkumpul seperti ini saling memberikan masukan pasti segera terselesikan,”ucapnya.

Pihaknya juga berharap masyarakat yang ada di Tempek Sabang Kangin bisa segera menikmati air bersih untuk mengantisipasi kekeringan musim kemarau yang akan datang.

“Kalau bisa di percepat, kami upayakan percepat. Kita bergerak bersama demi kebaikan masyarakat membantu mencarikan solusi, jangan mengeluh di media sosial,” ucap Wabup Kasta dihadapan warga tempek sabang kangin.

Dihari yang sama Wabup Kasta juga mengunjungi SPAM (Sistem Pengediaan Air Minum) mata air Segening di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Keluhan serupa juga dirasakan beberapa Dusun di Desa Bunga Mekar tidak mendapatkan layanan air PDAM secara merata.

BACA :  Berlatih Sejak Januari, Fragmentari "Ngeraja Singa" Sukses Menarik Perhatian Penonton di PKB

Mata Air Segening ini memiliki debit air sebesar 6 liter/detik. Sumber mata air ini terletak di dasar tebing, dengan ketinggian sekitar 300 meter.

Wabup Kasta juga berharap PDAM bisa segera menambahkan mesin pendorong dari bak penampungan agar memaksimalkan layanan distribusi air bersih kepada 900 KK atau sekitar 3000 jiwa warga di Desa Bunga Mekar.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular