Gelombang tinggi ilustrasi
Gelombang tinggi ilustrasi
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Badan Meteorologi Klimatilogi dan Geofisika (BMKG) wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini agar mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi diwilayah perairan Selat Bali.

Dalam peringatan yang dikeluarkan tersebut, dijelaskan bahwa potensi gelombang laut dapat mencapai ketinggian dua meter lebih. Tidak hanya diwilayah perairan Selat Bali, potensi gelombang tinggi juga terjadi diwilayah perairan Selat Badung, Selat Lombok dan Samudra Hindia selatan Bali.

Terkait dengan peringatan yang dikeluarkan BMKG tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem pada Senin (09/09/2019) bakal mengeluarkan surat himbauan agar selalu meningkatkan kewaspadaan terutama bagi yang berada diwilayah pesisir sekitar pantai selatan Bali.

“Besok kita akan buat surat himbauan agar selalu memperhatikan kondisi cuaca disekitar pantai,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa ketika dikonfirmasi pada Senin pagi(09/09/2019).

Tidak hanya berupa surat himbauan, BPBD juga selalu menyiagakan Tim Peringatan Dini dilapangan agar selalu memberikab update informasi diseputaran pesisir Karangasem.

Sementara untuk wilayah perairan Kabupaten Karangasem yang berpotensi terkena dampak dari gelombang tinggi diselatan Bali ini menurut Arimbawa diantaranya adalah perairan Kubu, Perairan Amed atau Bunutan, Perairan Seraya dan Perairan Bugbug.

“Biasanya seluruh perairan tersebut yang terdampak gelombang pasang diwilayah Karangasem,” terang Arimbawa. (suar/bpn/tim)