Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBerita DuniaWasit Wanita Rwanda Ciptakan Sejarah Piala Afrika

Wasit Wanita Rwanda Ciptakan Sejarah Piala Afrika

Piala Afrika 2022

PIALA AFRIKA, Rwanda Salima Mukansanga menjadi wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan Piala Afrika ketika dia memimpin pertandingan Grup B antara Guinea dan Zimbabwe di Yaounde, Selasa. Pada hari Senin, pernyataan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) mengatakan Mukansanga akan menangani pertandingan dengan dua asisten wasit wanita, Carine Atemzabong dari Kamerun dan Fatiha Jermoumi dari Maroko.

Namun, ketika ofisial memasuki lapangan untuk pertandingan di Stade Ahmadou Ahidjo di ibukota Kamerun, kedua asisten wasit adalah laki-laki.

CAF tidak segera menjelaskan mengapa asisten wasit diganti.

Mukansanga menciptakan sejarah setelah 32 edisi sebelumnya dari turnamen unggulan Afrika dari tahun 1957 dipimpin secara eksklusif oleh laki-laki.

Sebelumnya Rwanda menjadi ofisial keempat ketika Guinea mengalahkan Malawi pada 10 Januari di Bafoussam.

“Kami sangat bangga dengan Salima karena dia harus bekerja sangat keras untuk berada di posisinya sekarang ini,” kata bos wasit Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) Eddy Maillet dari Seychelles.

“Kami tahu bahwa sebagai seorang wanita dia harus mengatasi rintangan serius untuk mencapai level ini dan dia pantas mendapatkan banyak pujian.

BACA :  Mantan Pemain Manchester United Patrice Evra Dihukum Penjara Karena Meninggalkan Keluarganya

“Momen ini bukan hanya untuk Salima, tetapi setiap gadis muda di Afrika yang memiliki hasrat untuk sepak bola dan yang melihat dirinya sebagai wasit di masa depan.”

Pemimpin Guinea membutuhkan satu poin untuk memastikan tempat putaran kedua sementara Zimbabwe bermain untuk kebanggaan telah tersingkir setelah dua kekalahan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular