Ketut Suarjaya
Ketut Suarjaya
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR SELATAN, balipuspanews.com- Maraknya berkembang isu penyakit baru Monkeypox (Cacar Monyet) ditengah-tengah masyarakat belakang ini, meskipun belum masuk ke Indonesia, khusunya di Bali menjadi perhatian terhadap dinas terkait. Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Bali mengimbau kepada masyarakat agar tidak bepergian ketempat-tempat yang terjangkit virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya mengatakan
penyakit Monkeypox atau Cacar Monyet sementara terdeteksi di Singapura, akan tetapi kemungkinan masuk ke Indonesia bisa melalui pintu masuk Indonesia lewat Batam.

“Sebelum masuk, kita harus melakukan pendeteksian ketat. Kita aktifkan deteksi dini, kalau di Bali sendiri bisa dilakukan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Intinya dideteksi di pintu masuk seperti pelabuhan. Kita berharap kesiapsiagaan sama seperti mencegah penyakit lain masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Suarjaya mengimbau kepada masyarakat dalam mencegah agar terhindar dadi penyakit tersebut (monkeypox) sama dengan mencegah penyakit-penyakit menular yang berbahaya lainnya. Dengan melindungi diri agar jangan sampai terjangkit, disamping menjaga daya ahan tubuh, pasalnya ini adalah virus. Yang tidak kalah penting juga menghindari bepergian ke tempat-tempat terjangkit.

“Pengamatan penyakit, terhadap orang yang masuk kesuatu daerah kita deteksi, sama halnya pengamatan kasus, kalau ada kasus mencurigakan kita lakukan lebih lengkap, termasuk penggunaan laboratoriumnya,” katanya usai peletakan batu pertama di RS Bali Mandara, Selasa (14/5) kemarin.

Lebih lanjut Suarjaya juga menyebut bahwa di Bandara sendiri sudah ada petugas yang akan mendeteksi setiap Wisatawan Asing yang datang ke Bali melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang sudah ada. “Di bandara sudah ada, digawangi oleh KKP yang melibatkan dokter,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Cacar monyet pertama kalinya muncul di Singapura yang virusnya menginfeksi seorang pria asal Nigeria pada April lalu.

Virus cacar monyet menular ke orang lain melalui kontak langsung. Gejala cacar monyet sama dengan cacar lainnya, antara lain demam dan gangguan pernafasan. (Bud/bpn/tim).

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here