Menkes RI Terawan Agus Putranto
Menkes RI Terawan Agus Putranto. (Ivan/balipuspanews)

JAKARTA, balipuspanews.com – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto mengatakan sekarang ini korban banjir sangat cemas dengan  berbagai jenis gejala dan penyakit yang dirasakan seperti kelelahan dan sakit perut. Hal ini dikatakan Menkes Terawan usai berolahraga bersama dengan seluruh pegawai Kemenkes di halaman Kemenkes, Kuningan, Jakarta, Jumat (3/1),

“Korban banjir banyak mengeluhkan kelelahan dan mules perut. Kita sudah siapkan tenaga kesehatan. Hal ini sudah kita prediksikan dan pusat krisis kita gerakan,” tutur Menkes.

Lebih lanjut Menkes Terawan mengungkapkan keluhan masyarakat saat ini bukanlah wabah namun kondisi dampak banjir.

“Kita menilai kondisi ini merupakan dampak dari banjir. Sehingga muncul persoalan karena itu air bersih dan sebagainya kita sudah koordinasikan untuk supaya bisa dipenuhi,” ungkap Menkes.

Terawan menyebut pihaknya memusatkan perhatian pada penyakit leptospirosis akibat banyaknya bangkai tikus yang bertebaran di kawasan yang terdampak banjir.

“Penyakit pencernaan leptospirosis karena itu kita lihat bangkai tikus banyak. Saya kemarin meninjau itu saya langsung melihat langsung. Sumber-sumber air misalnya sumur yang tenggelam itu harus segera kita surveillance, skrining, kita awasi terus daerah darah itu juga harus segera dapat terpenuhi masalah kebutuhan air bersih,” kata Menkes Terawan. (Ivan/BPN/Tim).