Wawasan Kebangsaan Digaungkan Menjelang Pemilu 2024

Kaban Kesbangpol Kabupaten Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono
Kaban Kesbangpol Kabupaten Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono

BULELENG, balipuspanews.com – Wawasan kebangsaan menjadi poin paling penting dalam kehidupan sehari-hari untuk dipelajari generasi muda. Namun menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 hal itu dipandang perlu lebih digaungkan lagi.

Seperti yang rencananya akan dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng melalui kegiatan sosialisasi Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) yang menyasar mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja.

Kepala Badan Kesbangpol Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono pada rapat koordinasi bersama jajaran terkait di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleg beberapa hari lalu mengatakan dalam rencana kegiatan sosialisasi itu akan melibatkan sekitar 100 sampai 150 mahasiswa sebagai target awal pelaksanaannya.

Mengingat sasarannya merupakan mahasiswa maka, Kappa menyebut pilihan pertama yakni kampus Undiksha Singaraja sebab mahasiswanya memiliki latar belakang yang heterogen karena datang dari berbagai daerah di Indonesia, tentunya berasal dari berbagai suku juga.

Selain itu, banyak mahasiswa juga aktif pada sejumlah organisasi kemahasiswaan maupun kepemudaan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa yang terlibat menjadi peserta, dapat memahami wawasan kebangsaan untuk kemudian memperkuat persatuan dan kesatuan meski pada lingkungan yang terdapat banyak perbedaan.

Kappa menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Seperti diketahui, ke depannya masyarakat Buleleng selain memilih presiden dan legislatif, juga akan memilih kepala daerah. Untuk itu, pembekalan kepada masyarakat dinilai sangat perlu oleh Kappa.

“Semua menitikberatkan kepada pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, saat ini dengan adanya kegiatan pemilu 2024, itu akan menjadi banyak potensi konflik yang mengatasnamakan politik identitas yang dapat memecah persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Maka dari itu, Badan Kesbangpol banyak menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dalam rangka menjalankan tugas pokok dan fungsinya meliputi pendidikan wawasan kebangsaan dan kewaspadaan nasional kepada masyarakat Buleleng, dengan memanfaatkan waktu sebelum Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Khusus untuk 2023 merupakan momen kami untuk menanamkan wawasan kebangsaan dan kerukunan umat beragama,” pungkas mantan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng itu.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version