Jumat, Maret 29, 2024
BerandaGianyarWCD di Gianyar Diisi Aksi Bersih-bersih Sepanjang Pantai dan Kelurahan Ubud

WCD di Gianyar Diisi Aksi Bersih-bersih Sepanjang Pantai dan Kelurahan Ubud

GIANYAR,balipuspanews.com – Word Cleanup Day (WCD) atau gerakan bersih-bersih dilakukan di 150 negara, Sabtu (15/9/2018). Di Gianyar aksi sosial itu dilakukan disepanjang pantaiĀ  wilayah Kabupaten Gianyar dan di Ubud. Di Pantai Siyut, Tulikup Gianyar dipimpin Danramil Gianyar, di Pantai Saba dipimpin Kapolsek Blahbatuh, di Pantai Purnama dipimpin Perbekel Sukawati dan di Ubud dipimpin Lurah Ubud. Aksi bersih-bersih ini diikuti OPD di lingkungan Pemkab Gianyar, Polisi, tentara, sekolah pariwisata Monarch dan Elizabeth, siswa SMP dan SD.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra, mengatakan, Pemkab Gianyar melalui Dinas Lingkungan Hidup terus mengkampanyekan gerakan kebersihan, gerarakan bersama – sama untuk melakukan penanganan dan pengelolaan sampah. Berbagai upaya masif telah dilakukan diantaranya melalui sosialisasi Perda No. 11 Tahun 2013. Perbub No. 42 Tahun 2015, tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga, dalam membangunĀ  partisipasi masyarakat untuk melakukan pengelolaan dan penanangan sampah di lingkungan masing-masing, di lingkungan kerja dan di pasar-pasar.

BACA :  Bappeda Gianyar Gelar Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025

Bahkan, kata Kujus Pawitra, Dinas Lingkungan Hidup Gianyar menyelenggarakan lomba kebersihan dan keindahan lingkungan antar desa, antar kantor instansi pemerintah dan OPD serta lomba kebersihan antar pasar umum di Gianyar.

” Dalam usaha mengedukasi masyarakat juga telah diselenggarakan programĀ  desa sadar lingkungan. Termasuk upaya edukasi kepada anak anak SD, SMP, SMA/SMK, guru-guru dan seluruh civitas sekolah sekolah melalui program Adiwiyata,ā€ kata mantan Camat Gianyar dan Tampaksiring itu.

Pun demikian, permasalahan sampah sepertinya memang harus ditangangi secara terus menerus, tak kenal telah,Ā  komprehensif berkelanjutan dan memerlukan dukungan semua stake holder, semua pihak baik pemerintah swasta dan masyarakat, diperlukan dukungan sarana dan prasana yang memadai, serta keseriusan dan komitmen bersama semua pihak.

Selain itu, menurutnya, tidak cukup dengan edukasi dan sosialisasi saja, tapi juga diperlukan aksi nyata melakukan penanganan dan pengelolaan sampah secara masif. Aksi nyata perangi sampah secara masif, dilakukan setiap minggu.

ā€œ Seperti halnya hari ini gerakan bersama membersihkan pantai dilakukan diseluruh pantai di Gianyar dipusatkan di pantai Siyut, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, sekehe teruna, karang taruna, PKK, berbagai komonitas lingkungan, balawista seluruh pegawai dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Gianyar,” jelasnya.

BACA :  Tri Rismaharini Apresiasi Ajik Krisna yang Bantu Kemensos Atasi Kemiskinan

Lanjutnya, gerakan pembersihan pantai tersebut, selalu didukung penuh pihak Kepolisian dan TNI (Kodim) dengan menurunkan personil dan pol air. Para aparat keamanan tersebut, tidak hanya berbaur ikut melakukan pembersihan, tetapi menjadi motivator penggerak.

” Kami sampaikan rasa terimakasih atas dukungan semua pihak, dalam kegiatan pembersihan pantai ini. Kami juga sampaikan syukur atas kesadaran masyarakat, untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan termasuk kebersihan laut dan pantai,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan pembersihan pantai ini, akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Jangan pernah lelah ataupun menyerah untuk urusan lingkungan, sayangi bumi, sayangi laut kita sayangi alam kita. Mari bersama kita tebar kebaikan dan kemuliaan dengan gerakan kebersihan, apalagi dipantai sambil berolahraga senam bersama, sambil refreshing, semoga alam dan bumi ini juga menyayangi kita. Dengan laut bersih, ikan-ikan akanĀ  berkembang biak subur tanpa racun ataupun plastik, dengan bumi bersih tanah akan subur tanpa plastik ataupun tercemar, semoga alam juga memberikan vibrasi positif,” ujarnya.

Diharapkannya, kegiatan ini mampu mendorong partisipasi semua komponen untuk semakin menjaga kebersihan lingkungan serta peduli sampah.

BACA :  Abaikan Kewajiban Membayar Iuran, BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Gugatan ke PN Gianyar

ā€œKegiatan ini merupakan momentum untuk secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,ā€ pungkasnya. ( rls/bas)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular