Minggu, April 14, 2024
BerandaGianyarWiadnyana Merasa Tenang Para Petugas Pemilu Dilindungi JKN

Wiadnyana Merasa Tenang Para Petugas Pemilu Dilindungi JKN

GIANYAR, balipuspanews.com– Ketua Panitia Pemungutan Suara Tingkat Desa (PPS) Desa Siangan Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Wiadnyana Manuaba,35, menyebut langkah Pemerintah mendaftarkan Petugas Pemilu ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan keputusan yang sangat penting.

Meskipun bersifat temporary, tanggungjawab para petugas Pemilu sangat tinggi dan menuntut kesiapan fisik yang sehat. Ia berpedoman pada banyaknya petugas Pemilu yang mengalami sakit hingga meninggal dunia pada periode-periode Pemilu sebelumnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari tidak adanya proteksi kesehatan berupa jaminan kesehatan. Pada Pemilu tahun 2024 ini, petugas merasa lebih nyaman dalam bekerja mengingat mereka sudah didata untuk dipastikan telah menjadi peserta JKN.

“Selaku ketua saya cukup konsen dengan jaminan-jaminan kepada petugas Pemilu saat mereka bekerja salah satunya jaminan kesehatan dari Program JKN, saya telah memastikan semua anggota PPS sudah terdaftar JKN, ada yang sebelumnya telah terdaftar sebagai peserta mandiri maupun mendapat kepesertaan dari tempatnya bekerja, tetapi sebagian besar dari mereka mendapat jaminan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar, tentu ini berpengaruh terhadap kenyamanan mereka bekerja,” ungkap Gus Manuaba saat diwawancarai Jamkesnews via telepon, Minggu (18/2/2024).

BACA :  Mulai Ramai, Jumlah Kapal Operasi Ditambah

Kenyamanan yang ia maksud adalah berupa kepastian jaminan pengobatan apabila terjadi petugas yang mengalami sakit. Pada hari pertama Pemilu yaitu pada tanggal 10 Februari 2024 lalu, Petugas bekerja hingga larut malam bahkan subuh, mereka juga harus melanjutkan pada hari berikutnya hingga tugas mereka benar-benar tuntas sesuai dengan tanggungjawabnya.

Berbeda dari Pemilu sebelumnya, menurut Gus Manuaba Petugas Pemilu tahun ini bekerja dengan lebih baik dan aman, tidak ada petugas yang mengalami hal yang tidak diinginkan berdasarkan laporan yang ia terima.

“Saya sendiri mengingatkan kepada anggota saya apabila sakit agar segera melapor dan dapat segera berobat ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) tempat mereka terdaftar, tidak ada laporan petugas yang mengalami sakit hingga harus dirawat, hanya ada beberapa sakit ringan karena kelelahan termasuk saya sendiri, tetapi sudah dibantu diberikan obat oleh petugas puskesmas dan dengan istirahat yang cukup akhirnya saya kembali sehat, tidak sampai harus ke rumah sakit,” lanjut Gus Manuaba.

Menurutnya JKN memberikan petugas Pemilu tenaga tambahan, banyak petugas yang menyatakan jika kali ini tidak begitu khawatir dengan pekerjaan yang dijalani, mereka tidak perlu memikirkan kesulitan dalam berobat apabila mengalami sakit akibat bertugas, bahkan tidak sedikit dari mereka berharap jaminan kesehatan ini dapat dimiliki berkesinambungan meskipun kewajiban mereka sebagai Petugas Pemilu sudah selesai terutama bagi mereka yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.

BACA :  Minggu Diperkirakan Jadi Puncak Arus Balik di Pelabuhan Padangbai

“Jaminan kesehatan ini sangat memberikan dampak yang positif. Kebijakan ini tentu membuat masyarakat tidak takut untuk menjadi petugas Pemilu, bukan hanya soal penghasilan yang didapatkan, artinya meskipun mereka mendapatkan penghasilan yang setimpal tetapi jika mereka sakit dan harus membayar sendiri sama saja itu sebuah kerugian, sedangkan kalau sudah ada JKN kan semua biaya pengobatan akan dibayarkan tanpa perlu mengeluarkan biaya dari kantong sendiri lagi,” tegasnya.

Selain PPS terdapat juga petugas Pemilu lainnya seperti Petugas Pemungutan Suara Tingkat kecamatan (PPK), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), mereka terdiri dari banyak anggota hingga petugas keamanan, semua Petugas Pemilu berada di bawah Komisi Pemilihan Umum (KPU). Petugas yang belum memiliki JKN didata oleh KPU yang kemudian didaftarkan sebagai peserta JKN dengan iuran yang dibayarkan oleh Pemerintah.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular