Wihara Ekayana Arama Indonesia
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Jakarta, balipuspanews. com – Wihara Ekayana Arama – Indonesia Buddhist Centre menyelenggarakan Perayaan Khatina yang dihadiri oleh 40 orang Biksu/Biksuni anggota Sangha Agung Indonesia dan sebanyak 5000 umat Buddha Se-Jabodetabek pada Minggu (28/10). Tema Kathina tahun ini adalah ‘Dengan Mendukung Sangha, Kita Menjaga Dharma dan Hidup Sejahtera’.

Pada Perayaan Khatina ini umat Buddha beramai-ramai memberikan persembahan kepada Sangha, komunitas para Biksu/Biksuni.

Dalam kesempatan ini, Biksu Kepala Wihara Ekayana Arama Mahasthawira Aryamaitri mengatakan melalui dukungan kepada Sangha, umat Buddha ikut berkontribusi untuk keberlanjutan pembabaran Dharma.

“Tekad dan niat baik ini menjadi pendorong kehidupan sejahtera,” kata Mahasthawira Aryamaitri.

Lebihlanjut Mahasthawira Aryamaitri mengajak semua umat untuk tidak berhenti sampai disitu aj karena kita semua perlu menjadi teladan untuk menerapkan kehidupan berkesadaran dan penuh kewaspadaan. Dengan demikian kasih Buddha terpancarkan ke sekeliling dan masyarakat.

“Energi kasih ini menjadi kontribusi perdamaian umat Buddha bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegasnya.

Umat Buddha yang hadir pada Perayaan Kathina di Wihara Ekayana Arama berkesempatan memberikan persembahan kepada Sangha melalui Pindapata pada pukul 07.45 dan melalui Sanghadana pada pukul 09.30. Saat Pindapata para Biksu/Biksuni dengan kerendahan hati berjalan membawa mangkuk masing-masing untuk menerima persembahan makanan dari umat Buddha. Kepala Wihara Ekayana Arama berjalan paling depan diikuti para Biksu/Biksuni lainnya berdasarkan urutan senioritas. Setelah Pindapata, acara dilanjutkan dengan Sanghadana yang didahului dengan Pujabakti dan Khotbah Dharma. Saat Sanghadana umat Buddha memberikan persembahan jubah dan berbagai kebutuhan Sangha lainnya.

Selain itu, Panitia juga telah mengadakan serangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Kathina seperti Day of Mindfulness, Sunset Mindfulness, Dialog Kebangsaan Milenial, dan Upacara Wisudhi. Nanti pada tanggal 4 November 2018 juga akan diadakan Donor Darah dan pada tanggal 18 November 2018 anak-anak akan merayakan Kathina. (Ivan/bpn/tim)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...