Wira: Menjadi Peserta JKN Banyak Untungnya

Salah peserta JKN, I Wayan Wira Arimbawa,49,
Salah peserta JKN, I Wayan Wira Arimbawa,49,

GIANYAR, balipuspanews.com Pengalamannya menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas maupun rumah sakit, membuat I Wayan Wira Arimbawa,49, yakin bahwa memiliki jaminan kesehatan adalah hal yang menguntungkan.

Apalagi menjadi peserta JKN Penerima Bantuan Iuran (PBI) seperti ia dan keluarganya yang berjumlah lima orang, yang iuran per bulannya ditanggung oleh pemerintah.

“Untung ada JKN. Itu kalimat yang sering kami sekeluarga ucapkan ketika berobat ke Puskesmas maupun rumah sakit, sebab kami tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Cukup menunjukkan kartu kepesertaan kami yang aktif,” ungkap pria asal Belusung, Tampak Siring, Gianyar ini, Kamis (27/10/2022).

Wira mengaku cukup sering menggunakan JKN untuk menjamin pengobatannya, ia sendiri bahkan dua kali sempat rawat inap di rumah sakit dan rawat jalan di Puskesmas.

Belum lagi keluarga lainnya, seperti istri dan ketiga anaknya yang juga pernah berobat dengan JKN. Sepanjang itu, ia sekeluarga tidak pernah merasa kesulitan saat memerlukan akses pengobatan. Ia juga mengaku mendapat pelayanan yang baik, petugas yang ramah dan informatif.

“Saya didaftarkan kepala desa saya tahun 2014. Sejak saat itu, biaya berobat selalu gratis, tidak perlu bayar apa-apa lagi dari kantong peserta. Itu adalah sebuah keuntungan bagi peserta JKN. Saking seringnya menggunakan JKN, saya sampai terbiasa berurusan dengan Puskesmas dan rumah sakit, sampai-sampai kami berteman. Ada juga yang sampai hafal wajah saya,” ungkapnya sambil tertawa.

Wira bahkan menunjukkan bekas luka di tangannya yang pernah dioperasi oleh rumah sakit akibat terkena benda tajam. Menurutnya selama lebih dari delapan tahun ini ia telah merasakan manfaat JKN begitu besar. Ia pun yakin manfaat yang diterimanya juga dirsakan oleh peserta JKN lainnya.

“Peserta yang tidak sakit juga sudah berbuat baik dengan membantu biaya pengobatan kami melalui iuran yang rutin dibayarkan. Itulah yang saya sebut tidak ada peserta JKN yang rugi. Pada waktunya, semuanya akan mendapat keuntungan,” ucap Wira. (adv)

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan