Tersangka Skimming asal Bulgaria.
Tersangka Skimming asal Bulgaria.
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com- Pulau Bali acap kali menjadi sasaran aksi kriminal warganegara asing. Berkedok wisata, warga asing yang datang ke Bali kerap melakukan tindak pidana dari mulai perampokan, penipuan hingga pembobolan data nasabah bank atau skimming.

Seorang bule asal Bulgaria bernama Stoyanov Georgi Ivanov (43) ditangkap anggota buser Ditreskrimsus Polda Bali setelah melakukan aksi skimming di restoran di Bebek Bengil di Jalan Hanan, Ubud, Gianyar, Sabtu (31/8/2019) pukul 03.30 dinihari.

Dalam penggeberekan itu, Ivanov yang menginap di Villa Diana Bali di Jalan Kresna Ulun Tanjung, Seminyak, Legian, Kuta, Badung, kedapatan membawa empat kamera tersembunyi dan satu router (alat pemindahan data yang dilengkapi wifi).

Setelah melakukan penangkapan, polisi kemudian menggeledah vila yang ditempati tersangka. “Dari penggeledahan kembali ditemukan barang bukti yang digunakan untuk aksi skimming,” beber Kabid Humas Polda Bali Kombespol Hengky Widjaja, Minggu (1/9/2019).

Menurut Kombes Hengky, tersangka Ivanov diduga sindikat international pembobol nasabah bank dengan modus skimming. “Dia kami duga dikendalikan sindikat pembobol ATM nasabah dari luar negeri,” ujarnya Minggu (1/9/2019).

Hasil interogasi, tersangka Ivanov mengaku bertugas memasang alat-alat skimmer di sejumlah mesin ATM di Bali. Sedangkan komplotan lainnya, bertugas menyiapkan alat, memindahkan data dan melalukan penarikan. “Keterangannya masih didalami dan barang bukti sudah diamankan,” bebernya.

Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan di Polda Bali. Polisi masih mengejar angota komplotannya yang diduga masih ada di Bali. Tersangka dijerat dengan pasal, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). “Pelaku lain masih kami buru,” tegasnya. (pl/bpn/tim)