Wisnu Wijaya Ditunjuk Gubernur Menjadi Plh Bupati Gianyar

Kadek Wisnu Wijaya ditunjuk menjadi Plh bupati Gianyar

Gianyar, balipuspanews.com- Sekda Gianyar Made Wisnu Wijaya ditunjuk sebagai Plh bupati Gianyar mengantikan Pj bupati Ketut Rochineng yang mengundurkan diri karena maju menjadi Caleg dalam Pemilu legislative 2019 mendatang. Penunjukan pria yang akrab dipanggil – Dek Wisnu- itu diketahui dari telegram bernomor 131/1915/B.PEM-OTDA yang dikirimkan Pemprov Bali kepada Sekda Gianyar tertanggal 1 Agustus 2018.

Dalam telegram tersebut, gubernur Bali melalui  Sekda Provinsi Bali Drs. Dewa Made Indra, menunjuk  Made Gede Wisnu Wijaya sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gianyar.

Sekda Wisnu Wijaya mengatakan,  sesuai dengan telegram yang diterimanya, penunjukan dirinya sebagai Plh Bupati Gianyar dilakukan untuk menghindari terjadinya kekosongan pimpinan pemerintahan di Kabupaten Gianyar sambil menunggu pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Hal ini sesuai ketentuan pasal 131 ayat (4) PP No 49 Tahun 2008 yang menegaskan bahwa dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah, sekretaris daerah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah.

“Berdasarkan telegram yang saya terima, saya diperintahkan menjalankan tugas sehari- hari kepala daerah sampai dengan adanya kebijakan lebih lanjut dari pemerintah,” ucapnya.

Duduknya Wisnu Wijaya sebagai Plh walau hany dalam hitungan bulan, menjadikan karier mantan kepala Bapeda Gianyar itu kian moncer. Setelah menduduki posisi tertinggi karier PNS sebagai Sekda, kini sejarah akan mencatat namanya sebagai salah bupati Gianyar kendati hanya sebagai pelaksana harian. ( rls/bas)