Minggu, Juli 21, 2024
BerandaDenpasarWisuda Ke-73 Unwar Lepas 1.266 Wisudawan, Para Lulusan Berdaya Saing Kompetitif

Wisuda Ke-73 Unwar Lepas 1.266 Wisudawan, Para Lulusan Berdaya Saing Kompetitif

DENPASAR, balipuspanews.com – Universitas Warmadewa (Unwar) kembali melepas para lulusannya pada upacara Wisuda ke-73 periode September Tahun 2023, Sabtu (16/9/2023).

Kali ini, sebanyak 1.266 lulusan dilepas oleh Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP. Teranyar, Unwar kali pertama meluluskan Doktor dan Diploma.

Pada wisuda kali ini, dari jumlah lulusan terdiri dari Pascasarjana 129 orang, Fakultas Hukum 103 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 476 orang, Fisip 57 orang, Fakultas Sastra 46 orang, Fakultas Pertanian 42 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 259 orang, dan FKIK 123 orang, dan Vokasi 31 orang.

Dari segi output lulusan pada hari ini untuk program doktor lulus tepat waktu: 6 orang (100%) rata-rata IPK 3,99, rata-rata masa studi 2,84 tahun, program magister lulus tepat waktu 80 orang (86,95%), rata-rata IPK 3,86, rata-rata masa studi 2,18 tahun, profil lulusan program sarjana lulus tepat waktu 911 orang (83,96%), rata-rata IPK 3,59, rata-rata masa studi 4,14 tahun, profil lulusan program diploma 4 lulus tepat waktu 28 orang (100%), rata-rata IPK 3,76, rata-rata masa studi 3,94, dan selanjutnya profil lulusan diploma 3 lulus tepat waktu 3 orang (100%). Rata-rata IPK 3,67, rata-rata masa studi 2,97 tahun, sehingga jumlah alumni sampai hari ini sebanyak 41.706 orang.

Lulusan terbaik Program Doktor (S3) diraih oleh Made Setiasa, S.E.,M.M.,S.H.,M.Kn. (Prodi S3 Hukum) IPK 4,00 (Dengan Pujian), lulusan terbaik Program Magister (S2) diraih oleh A.A. Putu Yudha Maha Putra, S.H. (Prodi Magister Ilmu Hukum) IPK 4,00 (Dengan Pujian), lulusan terbaik Program Sarjana (S1) diraih oleh Nyoman Mery Arya Meantini (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) IPK 4,00 (Dengan Pujian),

BACA :  Pemberitahuan Rencana Pengadaan Tanah Untuk GOR Dan Sarana Penunjang Di Desa Babakan Gianyar

lulusan terbaik Program Diploma (D4) diraih oleh PUTU Agus Indra Anggita (Prodi Akuntansi Perpajakan) IPK 3,96 (Dengan Pujian), dan lulusan terbaik Program Diploma (D3) diraih oleh Putu Deva Adi Sapramarta (Prodi Sistem Informasi Akuntansi) IPK 3,97 (Dengan Pujian).

Prof. Pandit mengatakan, dari keseluruhan alumni yang dilepas pada hari ini yang sudah bekerja 249 orang (19,66%). Pemantauan alumni terus dilakukan secara continue, pada tahun ini telah dilaksanakan tracer studi lulusan Hasil Tracer study tahun 2023 dari aspek daya saing didapatkan hasil sebagai berikut: masa tunggu: 2,73 bulan; kesesuaian bidang kerja 75,8%; tingkat tempat kerja: pada perusahan internasional 9%, nasional 48,2% sisanya 42,80% pada perusahan lokal.

Survey terhadap kinerja lulusan juga dilakukan dengan 7 parameter yaitu: Integritas (etika dan moral), Keahlian bidang ilmu, Bahasa Inggris, Penggunaan Teknologi Informasi, Komunikasi, Kerja tim, dan Pengembangan diri dengan hasil sangat puas dan puas 99,8%.

“Hasil survey ini membuktikan bahwa lulusan Universitas Warmadewa mempunyai daya saing yang sangat kompetitif di dunia kerja, industri dan dunia usaha,” tegasnya.

Implementasi tata kelola, Penjaminan mutu, dan Kerjasama, Universitas Warmadewa berkomitmen untuk mewujudkan Good University Governance, sebagai salah satu unsur pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan.

Salah satu wujud dari Good University Governance ini adalah penerapan tata kelola dengan ekosistem digital, sehingga aksesibilitasnya lebih cepat, akurat, tepat, dan validitasnya lebih terjamin.

BACA :  Kejaksaan Negeri Klungkung Musnahkan Barang Bukti yang Telah Inkrah 

Rintisan, lanjut Rektor, ekosistem digital ini sudah ada sejak tahun 2014 yang awalnya hanya 5 Sistem Informasi dan saat ini telah berkembang menjadi 12 Sistem Informasi sebagai data base yang mencakup berbagai aspek yang telah terintegrasi terkait dengan input, proses, dan output tridharma pendidikan tinggi di Unwar.

Khusus untuk Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIMAK), yang terkait dengan aktivitas proses pembelajaran telah bisa bridging dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemendikbudristekdikti.

Untuk mendukung manajemen dan tata kelola dengan ekosistem digital ini secara internal telah disediakan beberapa server dan didukung dengan kapasitas internet sebanyak 1 Gigabyte/1000 Mbpps.

Dari aspek kelembagaan untuk meningkatkan kredibilitas Unwar di Masyarakat dari 28 program studi yang terakreditasi oleh BAN PT dan LAM dengan capaian sebagai berikut yaitu: terakreditasi Unggul dan A sebanyak 6 program studi, Baik sekali 4 program studi, B 12 program studi, Akreditasi Baik 4 program studi, 2 program studi dengan status akreditasi ijin operasional.

Dari persyaratan peringkat, sambung Rektor, akreditasi APT untuk meraih unggul yang terdiri dari empat aspek yaitu: kelembagaan Penjaminan Mutu, Pelaksanaan Penjaminan Mutu, Publikasi Ilmiah dosen, dan akreditasi program studi telah mencapai nilai 3,28, maka sudah memenuhi syarat untuk APT unggul.

Tak hanya itu, demi kemajuan kampus dan menjawab tantangan global dan minat masyarakat, Unwar juga melakukan pengembangan program studi.

Hal ini dapat dibuktikan yaitu terbitnya Surat Ijin program studi baru yang terdiri dari Program S1 Teknik Komputer dan Program Profesi Insinyur sudah mulai menerima mahasiswa baru tahun akademik 2023 ini, sedangkan Program S2 Akuntansi sudah diunggah ke laman SIAGA, saat ini masih menunggu proses rekomendasi Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII.

BACA :  Pelaksanaan APBD Gianyar 2023 Berjalan Sesuai Norma, Dewan Sepakat Dijadikan Perda

Tak kalah penting, sebagai implementasi Warmadewa untuk bersaing di tingkat asia tenggara, Unwar mengimplementasi melalui kerja sama tingkat lokal dan nasional sebanyak 118 mitra lebih banyak kerja sama bidang pendidikan yang berkaitan dengan Merdeka Belajar Kamus Merdeka (MBKM).

Selain juga kegiatan kerja sama dengan beberapa mitra internasional melalui 15 kegiatan seperti dengan Central Mindanao University, Asean Exchange, RMIT University Melbourne, UiTM Malaysia, University Tunku Abdurahman Malaysia, Bicol State University Philipina, Universitas Malaysia Perlis.

Dalam kesempatan sama, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan atas kelulusan dan keberhasilan yang telah diraih.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan orang tua wisudawan yang telah mempercayakan putra/putrinya bergabung bersama Universitas Warmadewa.

“Setelah diwisuda menjadi sarjana dan atau Magister sebagai kelompok sosial baru, kaum terdidik. Maka akan terlahir dan hadir sebagai social change di tengah-tengah masyarakat dan akan dibebankan tanggung jawab yang besar untuk senantiasa membawa dan mengharumkan nama baik almamater tercinta Universitas Warmadewa,” pungkas Wisnumurti.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular