Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat membuka English for Teacher di Graha Sewaka Dharma, Kota Denpasar, Rabu (26/2).
Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat membuka English for Teacher di Graha Sewaka Dharma, Kota Denpasar, Rabu (26/2).
DENPASAR, balipuspanews.com –

Sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan pengajaran Bahasa Inggris, Pemkot Denpasar bekerjasama dengan Cambridge University Press Inggris menggelar pelatihan Bahasa Inggris bertajuk English for Teacher.

Sebelum memasuki pelaksanaan pelatihan yang menyasar guru sekolah dasar se-Kota Denpasar ini, turut dilaksanakan Seminar sebagai kegiatan awal yang dibuka Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di Graha Sewaka Dharma, Kota Denpasar, Rabu (26/2).

Hadir dalam kesempatan tersebut Regional Outreach Manager Bali British Embassy, Andi Azka F. Putri, Country Manager Indonesia Cambridge University Press, Yusuf Seto, Dua Narasumber kegiatan, Kim Plger dan Uyen Pham, OPD di lingkungan Pemkot Denpasar serta guru Bahasa Inggris se-Kota Denpasar.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa peningkatan kualitas pendidikan menjadi tantangan bagi dunia pendidikan di Bali, khususnya Kota Denpasar. Hal ini salah satunya dapat dilaksanakan dengan peningkatan kualitas pengajaran Bahasa Inggris.

“Berkembangnya Kota Denpasar sebagai pusat pendidikan juga diharapkan mampu memberikan peluang kepada seluruh masyarakat untuk menguasai bahasa asing sebagai sarana pengembangan industri kreatif dan menjadi motor penggerak perekonomian.

“Saya berharap kehadiran english for teacher sebagai program inovasi Denpasar to The World yang akan berbagi informasi mengenai pelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan daya saing SDM dan pendidikan di era revolusi industri 4.0,” paparnya.

Regional Outreach Manager Bali British Embassy, Andi Azka F. Putry didampingi Country Manager Indonesia Cambridge University Press, Yusuf Seto menjelasakan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari Universitas Cambridge Press dan Kedutaan Besar Inggris. Hal ini sebagai tindaklanjut atas Penandatanganan MoU dan Kerjasama yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Hampir sebagian besar masyarakat dunia menggunakan Bahasa Inggris, sehingga diharapkan guru-guru dapat meningkatkan kompetensi dan skill dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga mampu meningkatkan daya saing pendidikan di Kota Denpasar,” jelasnya.

Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana mengatakan pelaksanaan seminar ini sebagai wujud kerja kolaboratif antara BKPSDM, Disdikpora Kota Denpasar dan Bagian Kerjasama. Adapun kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan ketrampilan bagi para guru dalam pengajaran Bahasa Inggris. Sehingga mampu mewujudkan pola pembelajaran bahasa inggris  secara komprehensif oleh guru dengan penguasaan kompetensi yang memedai.

Seminar ini diikuti oleh 200 peserta dari seluruh guru SD se-Kota Denpasar yang merupakan kegiatan awal untuk melaksanakan seleksi bagi 53 peserta yang telah lulus dan akan disaring menjadi 25 orang yang akan mengikuti pelatihan yang akan dimulai pada 3 Maret mendatang.

Seminar ini turut menyajikan materi tentang pengenalan kerangka acuan umum tentang Eropa, Keahlian yang dibutuhkan kekinian, pengajaran terkait reading, writing, listening dan speaking serta pengajaran berbasis online.

“Tentunya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM Kota Denpasar untuk dapat bersaing di kancah internasional guna menghadapi era revolusi industri 4.0,” paparnya. (Ags/BPN/tim)