Wujudkan Ajeg Bali, BPR Lestari Dukung Kegiatan Dharma Wacana di Banjar Beraban

PT BPR Lestari Bali melalui gerakan #LestariAjegBali mendukung kegiatan dharma wacana bersama Ida Pedanda Gede Giri Dwija Guna yang dilaksanakan di Banjar Beraban, Dauh Puri Kauh, Kota Denpasar pada Rabu (25/5/2022).
PT BPR Lestari Bali melalui gerakan #LestariAjegBali mendukung kegiatan dharma wacana bersama Ida Pedanda Gede Giri Dwija Guna yang dilaksanakan di Banjar Beraban, Dauh Puri Kauh, Kota Denpasar pada Rabu (25/5/2022).

DENPASAR, balipuspanews.com- Turut mendukung pelestarian nilai-nilai Budaya Bali di masyarakat, PT BPR Lestari Bali melalui gerakan #LestariAjegBali mendukung kegiatan dharma wacana bersama Ida Pedanda Gede Giri Dwija Guna yang dilaksanakan pada Rabu (25/5/2022) di Banjar Beraban, Dauh Puri Kauh, Kota Denpasar.

Dukungan ini terealisasi atas kolaborasi PT BPR Lestari Bali dengan Banjar Beraban melalui program Lestari Mebanjar.

Kegiatan dharma wacana ini merupakan kegiatan pertama Lestari Mebanjar setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Acara ini dihadiri oleh Bagus Jagra Wibawa selaku Duta Lestari Mebanjar yang menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Denpasar, IB Mayun Gunawan selaku Prajuru Adat Banjar Beraban, serta pihak BPR Lestari yang diwakili oleh Made Tutik Sri Andayani selaku Direktur PT BPR Lestari Bali.

Kegiatan ini mendapat apresiasi luar biasa dari Bagus Jagra Wibawa. Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti sangat penting dilakukan dilakukan agar nilai-nilai budaya Bali tidak tergerus oleh zaman.

“Tidak dipungkiri, gempuran teknologi telah membuat banyak perubahan dalam budaya kita. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini supaya generasi kita selanjutnya tidak kehilangan nilai-nilai dan budaya Bali,” ujar pria yang akrab disapa Gus Ari tersebut.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh IB Mayun Gunawan selaku Prajuru Adat Banjar Beraban.

“Kami berterima kasih kepada BPR Lestari Bali karena acara ini bisa terwujud berkat sponsor dari BPR Lestari,” ucapnya.

Ida Pedanda Gede Giri Dwija Guna juga turut mengapresiasi dukungan dari BPR Lestari.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan BPR Lestari karena apabila tidak ada partisipasi dari BPR Lestari, saya tidak mungkin bisa duduk di sini untuk memberikan dharma wacana kepada bapak dan ibu semua,” ujar Ida Pedanda Gede Giri Dwija Guna.

Pada kesempatan ini, Beliau menuturkan tentang filosofi hari raya Galungan dan bagaimana sebagai umat Hindu se-Dharma memaknainya.

Dharma Wacana ini berkaitan dengan hari raya Galungan yang akan datang, sehingga masyarakat, khususnya masyarakat di Banjar Beraban dapat melaksanakan hari raya Galungan dengan taat.

Melalui program ini, diharapkan masyarakat sekitar dapat berperan aktif dalam menciptakan ajeg Bali agar identitas, ruang, dan prosesi dalam budaya Bali dapat lebih terjaga.

“Bali punya budaya serta adat istiadat yang luar biasa, sehingga harus kita jaga kelestariannya. Kami berharap, dengan adanya program Lestari Mebanjar ini, masyarakat bisa lebih termotivasi untuk melestarikan adat dan budaya Bali,” tutup Made Tutik Sri Andayani. (adv)

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan