Sabtu, Oktober 31, 2020
Beranda Bali Bangli YKI dan Organisasi Wanita Bantu Penderita Kanker di Bangli

YKI dan Organisasi Wanita Bantu Penderita Kanker di Bangli

Bangli, balipuspanews.com – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bangli Ny. Erik Gianyar, didampingi Ketua Wanita Hindu Darma Indonesia (WHDI) Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, Senin (4/12) melaksanakan kunjungan sekaligus menyerahkan bantuan kepada sejumlah penderita kanker di Kabupaten Bangli.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bangli Ny. Giri Putra dan Ketua Gatriwara Bangli Ny. Kutha Parwata, Kadis Kesehatan Bangli dr. Nengah Nadi dan Kadis Sosial Bangli Nengah Sukarta.

Mengawali kunjungan tersebut, rombongan mengunjungi Ni Wayan Muliasih, penderita kanker payudara asal Br. Cingang, Desa Kayubihi Bangli. Dilanjutkan dengan mengunjungi Wayan Gangsar (52) penderita kanker nasofaring (leher) asal Banjar Sri Batu, Desa Penglumbaran, Susut dan Ni Ketut Salin penderita kanker servik (rahim) asal Banjar Tiga, Desa Tiga, Susut.

Ketua YKI Bangli Ny. Erik Gianyar pada kesempatan itu mengatakan, selain factor genetik, kanker merupakan penyakit yang lebih disebabkan oleh pola hidup kurang baik, seperti terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pemanis, pengawet, penyedat, pewarna dan Monosodium glutamat (MSG) yang biasanya terkandung pada penyedap makanan.

Untuk itu, Erik Gianyar menghimbau masyarakat untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengadung zat-zat berbahaya tersebut untuk menghindari kanker maupun penyakit mematikan lainnya.

Sedangkan bagi penderita kanker, Erik Gianyar meminta agar mereka bisa menjaga pola hidup dengan baik serta menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih.

Dan yang terpenting, jelas dia, hindari makanan yang mengandung zat-zat berbahaya, karena makanan jenis ini akan mempercepat penyebaran sel kanker.

Selain itu, Erik Gianyar juga meminta masyarakat agar lebih peka dan peduli pada kondisi tubuhnya. Kalau menemukan sesuatu yang aneh pada tubuh “benjolan” segera perikasakan lebih lanjut ke rumah sakit. Jangan cuek terhadap kondisi seperti itu, agar jangan sampai setelah stadium lanjut baru melakukan tindakan. “Kita ingin masyarakat tanggap terhadap kondisi maupun perubahan pada bentuk tubuh. Penyakit Kanker sangat bisa disembuhkan asal bisa dideteksi sedini mungkin. Kalau menemukan sesuatu yang aneh pada tubuh seperti benjolan, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut”pintanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua WHDI Bangli Sariasih Sedana Arta. Menurutnya penyakit kanker sangat mungkin disembuhkan asal dideteksi sejak dini dan ditindaklanjuti dengan pengobatan yang tepat. Menurutnya, deteksi saja tidak cukup kalau tidak ditindaklanjuti dengan pengobatan. Untuk itu, ia meminta masyarakat tidak cuek terhadap kesehatannya. Kalau ada sesuatu yang aneh pada tubuh harus segera diperiksakan ke bidan maupun dokter terdekat. Sehingga semua jenis penyakit yang menyerang tubuh bisa dideteksi sejak dini dan disembuhkan. “Dengan deteksi dini dan pengobatan yang tepat, kita yakin semua penyakit akan bisa disembuhkan”tutupnya.

- Advertisement -

Bayi Yang Dibuang, Lahir Di Kamar Mandi

NEGARA,balipuspanews.com- Kedua orang tua bayi perempun yang dibuang di bale bengong panti asuhan Giri Asih, Melaya, sudah diamankan polisi. Dari keterangan sementara, bayi hasil hubungan...

Kasus Pencabulan Anak Dibawah Umur Di Buleleng, Polisi Tetapkan 10 Orang Tersangka

BULELENG, balipuspanews.com - Proses pengungkapan kasus persetubuhan terhadap anak dibawah umur yang terjadi pada Minggu (11/10/2020) dan Senin (12/10/2020) di lima tempat berbeda akhirnya...
Member of