YKI Gianyar mengunjungi penderita kanker di kecamatan Sukawati
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Gianyar, balipuspanews.com- Untuk menguatkan dan memberi support pada penderita kanker, Ketua YKI Gianyar Nyonya I A Surya Adnyani Mahayastra didampingi pengurus YKI dan sejumlah dokter mengunjungi penderita kanker payudara di Kecamatan Sukawati, Senin (3/12/2018).

Berdasarkan laporan data deteksi dini yang dikumpulkan dari berbagai daerah jumlah penduduk yang dilakukan skrining mengalami peningkatan, namun capaian tersebut masih jauh dari target. Di Kabupaten Gianyar sampai dengan tahun 2018 baru mencapai 8.371 (11,0 persen) dari target sasaran 76.366 wanita beresiko. Berdasarkan  data rawat inap di RSUD Sanjiwani 2017 tercatat sebanyak 79 kasus kanker yang berdomisili di Gianyar.

Untuk kasus kanker pada wanita terbanyak adalah adalah kanker leher rahim sebanyak 22 kasus (27.8 persen) dan  pada tahun 2018 (dari Januari- Juli) mengalami pergeseran sebanyak 74 kasus kanker dengan kasus kanker terbanyak adalah kanker payudara sejumlah 33 orang (44,6 persen).

“ Dengan makin berkurangnya jumlah penderita kanker leher rahim, dimana tahun 2018 tidak lagi ditemukan penderita kanker yang baru. Ini membuktikan tingkat kesdaran masyarakat akan deteksi dini sudah sangat bagus,” kata Nyonya Adnyani Mahayastra.

Terkait dengan penderita kanker payudara yang lumayan banyak tahun 2018, menurut Adnyani Mahayastra, akan menjadi perhatian pihaknya di YKI. Selain masih tetap sosialisasi penanganan kanker serviks, sosialisasi kanker payudara akan menjadi prioritas utama.

Seperti saat mengunjungi sejumlah penderita kanker payudara di Kecamatan Sukawati. Ada 4 orang yang di kunjungi seperti I.A Putu Ariani, 54, di banjar Geria Desa Batuan Sukawati, Mariana Duma, 52, di banjar Geria Desa Batuan Sukawati, Ni Kadek Suwarti, 59, asal banjar Palak Desa Sukawati dan Ni Wayan Warsi, 50, banjar  Pakuwudan Desa Sukawati.

Pada kesempatan tersebut,  Adnyani Mahayastra yang di damping dr. Wayan Sudirtayasa, dr. A.A Raka Budayasa, dan dr. I.B Udiyoga  selalu menguatkan dan mensuport para penderita kanker untuk tetap semangat dan jangan menyerah terhadap penyakit ini.

Seperti saat di kediaman I.A Putu Ariani, yang telah menderita kanker sejak beberapa tahun yang lalu. I.A Ariani setelah benjolan di payudara pecah pada tahun 2011 ia mengaku tidak berani menjalani operasi dan tindakan medis lainnya seperti kemo terapi.

Dirinya hanya menjalani mengobatan alternative dan obat-obatan herbal. Terhadap hal ini, Nyonya Adnyani Mahayastra tetap memberi semangat dan pihak YKI siap memfasilitasi dan memberi bantuan jika I.A Ariani ingin mengambil tindakan medis terhadap penyakitnya.

Pada kunjungan kali ini selain memberikan dukungan moril, Ketua YKI Cab. Gianyar Nyonya Adnyani Mahayastra yang juga didampingi Nyonya I.A Diana Dewi Agung Mayun, dan Nyonya Dwikorawati Wisnu Wijaya juga menyerahkan bantuan paket sembako pada keluarga penderita kanker. ( rls/bas)

 

Advertisement

Tinggalkan Komentar...