Pengurua YTGB sedang mempersiapka acara pementasan acara drama tari Calonarang berjudul Kawisesan Dalem Petak
Pengurua YTGB sedang mempersiapka acara pementasan acara drama tari Calonarang berjudul Kawisesan Dalem Petak
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

TABANAN, Balipuspanews.com – Yayasan Taksu Gumi Bangsul (YTGB) saat ini sedang mempersiapkan pementasan drama tari Calonarang berjudul Kawisesan Dalem Petak. Drama tari tersebut akan dipentaskannya para Sabtu (18/5) yang akan datang bertempat di stage Garuda Wisnu Serasi, taman kota Tabanan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua YTGB I Gusti Putu Arthadana Selasa (16/4) di sanggar seni Canging Mas sekaligus jgua sekretariat atau rumah kerja YTGB. Saat awak media www.balipuspanews.com ini bertandang ke YTGB, terlihat kesibukan beberapa remaja yang notabene pengurus YTGB sedang sibuk mempersiapkan pementasan drama tari tersebut.

Krama yang dikenal dengan panggilan Ngurah Arthadana tersebut mengatakan, pementasan drama tari Calonarang yang berjudul Kawisesan Dalem Petak tersebut merupakan rangkaian dari acara deklarasi dan pengukuhan pengurus YTGB periode pertama untuk masa kepengurusan 2019-2024.

Didampingi Sekretaris YTGB Ayu Ratih Windari dan pendiri sekaligus pembina YTGB I Putu Purnawan, Ngurah Arthadana memaparkan acara ini akan berlangsung dari pagi hari dengan menggelar pameran seni, kuliner, kegiatan sosial pengobatan gratis dan beberapa kegiatan lainnya.

“Mulai petang, panggung hiburan akan diisi dengan pementasan dari beberapa grup band lokal Tabanan,” ungkapnya.

Lebih jauh Ngurah Arthadana mengatakan, usai pengukuhan pengurus juga akan diisi dengan beberapa acara hiburan. Seperti pembacaan puisi oleh penyair dan seniman ternama, pementasan seni inovatif Cupak dan beberapa acara lainnya.

“Khusus untuk pembacaan puisi, kami sedang melobi penyair hebat dan terkenal. Mohon doanya agar yang kami harapkan bisa mengisi acara tersebut berkenan hadir dan menghangatkan dunia seni sastra di Tabanan,” sebut sosok yang juga bekerja sebagai salah satu jurnalis di media www.balipuspanews.com ini.

Sementara terkait pementasan drama tari Calonarang Kawisesan Dalem Petak, pendiri sekaligus pembina YTGB I Putu Purnawan didampingi ketua panitia pelaksana I Putu Yoga Pratama menjelaskan, pementasan ini bisa disebutkan pementasan kolosal. Hal ini dikarenakan akan melibatkan ratusan seniman yang cukup berpengalaman dalam mementaskan drama tari Calonarang.

Menariknya lanjut Purnawan yang dikenal piawai memerankan tokoh Desak Rai, selain menampilkan ratusan seniman, pada alur cerita akan penuh dengan pesan-pesan moral terkait dengan kondisi kehidupan kekinian di Bali. Terutama dalam tatanan hidup beryadnya dan dalam melanjutkan keadiluhungan berbagai warisan tradisi.

“Intinya melalui pementasan tersebut kami ingin menggugah penonton tentang banyak hal terkait nilai agama Hindu dan budaya Bali yang harus kita kembalikan pada porsi yang sebenarnya. Ini juga menjadi salah satu tujuan dari lahirnya YTGB,” pungkasnya. (rah/bpn/tim)

Advertisement
Loading...