Jhon Darmawan
Jhon Darmawan
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com – KPU RI mulai menyusun regulasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada bulan September 2019 dan memastikan pemilihan berlangsung pada tanggal 23 September 2019.

“Ya penggodokan regulasi pilkada serentak akan dilaksanakan pada bulan September 2019 mendatang, saat ini KPU RI melakukan konsultasi dengan Komisi II DPR RI terkait masalah klausul yang akan dirubah dalam Peraturan KPU,” kata I Gde Jhon Darmawan, salah satu anggota KPU Devisi Sosialisasi partisipasi masyarakat pendidikam pemilih dan SDM, Selasa (25/6/2019).

Ia mengatakan KPU RI telah berkomunikasi dengan KPU Provinsi Bali terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 23 September 2020.

“Koordinasi ini dilakukan agar pada saat pelaksanaan tidak bertepatan dengan hari Raya di Bali seperti Pilkada tahun 2009 sempat dilaksanakan bertepata pada bulan Purnama Kedasa, kala itu umat banyak sembahyang ke Pura Besakih, kali ini saya cek pada tanggal 23 September 2020 tidak ada kegiatan apa di Bali,” ujarnya.

Secara teknis, sambung Jhon pada bulan Maret dan April sudah dilaksanakan proses pencalonan peserta pilkada secara serentak.

Terus kira kira regulasi apa yang akan dirubah dari hasil konsultasi KPU RI dengan DPR RI? ditanya seperti ini Jhon menyebutkan salah satunya masalah kotak suara aluminium dirubah menjadi kotak suara transfaran.

“Kotak suara aluminium Pilkada lalu sudah dilelang, kini kita tinggal menunggu kotak suara yang baru,” jelasnya.

Pada prinsipnya nanti, jelas Jhon pertanggungjawaban anggaran Pilkada 2020 ada di tangan KPU RI.

“Kita di daerah tinggal melaksanakannya saja,” cetusnya. (art/bpn/tim)