Jumat, Februari 23, 2024
BerandaJembrana30 Ekor Kambing Tanpa Dokumen Dikembalikan

30 Ekor Kambing Tanpa Dokumen Dikembalikan

JEMBRANA, balipuspanewa.com Puluhan ekor kambing yang diseberangkan dari Jawa terpaksa dikembalikan ke daerah asalnya. Sebab kambing yang diangkut dengan mobil pick up itu tidak dilengkapi dokumen sesuai yang dipersyaratkan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol Gusti Putu Dhaanatha ketika dikonfirmasi, Minggu (21/8/2022) menyampaikan sekitar pukul 04.50 Wita anggotanya yang bertugas di pos 2 atau pintu keluar Pelabuhan Gilimanuk memeriksa mobil Pick up L 300 Warna hitam yang mengangkut 30 ekor kambing. Ternyata tidak dilengkapi dokumen.

Terkait Surat Edaran Kepala Badan Karantina Pertanian Nomor 12950/KR.120/K/05/2022 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap kejadian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Hewan Ternak.

Mobil dikemudikan MKH,28, asal
Banyuwangi dan pengantarnya MS,30, asal Banyuwangi diamankan ke Polsek.

“Pemeriksaan ini untuk antisipasi meluasnya penyebaran penyakit kuku dan mulut (PMK) di wilayah Bali Pada saat dilakukan pemeriksaan muatan barang yang tertutup terpal berwarna biru berisikan kambing yang berjumlah 30 ekor tanpa menyertakan atau di lengkapi surat kesehatan daerah asal (viteriner) dan sertifikat kesehatan karantina, “jelasnya.

BACA :  Danamon Hadirkan Solusi Bebas Galau Finansial dan Anti Sulit di IIMS 2024

Menurut keterangan sopir bahwa ke 30 ekor kambing tersebut milik Pak Erfandi dan diangkut dari daerah Kecamatan Wadung, Kabupaten Banyuwangi dengan tujuan Pak Padli yang beralamat di Buleleng.

“Kedua pelaku mengaku merupakan jasa ekspedisi pengiriman hewan ternak jenis kambing dan sehari hari melayani pengiriman khusus pulau Bali dengan ongkos Rp 1,5 juta,”ungkapnya.

Mereka berangkat dari Kalibaru Banyuwangi sekitar pukul 22,00 WIB dan masuk pelabuhan Ketapang pukul 02.30 WIB dan sandar di pelabuhan Gilimanuk pukul 04.50 Wita.

Setelah kedua pelaku diperiksa lalu dimelimpahkan ke Karantina Gilimanuk. Selanjutnya pukul 15.00 Wita oleh karantina dilakukan penolakan/pengembalian ke Ketapang dengan naik kapal KMP Trisila Bakti 1 di Dermaga Ponton.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular