Abaikan Peringatan Lisan, Satpol PP Layangkan SP 1 kepada Pengusaha Tambang

Satpol PP Karangasem lakukan sidak setelah ada info pengerukan material di areal Bukit Lokasari, Sidemen
Satpol PP Karangasem lakukan sidak setelah ada info pengerukan material di areal Bukit Lokasari, Sidemen

KARANGASEM, balipuspanews.com – Satpol PP Karangasem layangkan surat peringatan (SP) 1 kepada pengusaha tambang yang masih melakukan aktivitas pengerukan dikawasan perbukitan yang ada di Desa Lokasari, Sidemen, Karangasem beberapa waktu lalu.

Pemberian SP 1 tersebut dilakukan menyusul adanya dugaan penolakan untuk menghentikan aktivitas pengerukan tanah setelah diberikan peringatan oleh Satpol PP Karangasem.

“Ya, diberikan SP 1, aktivitas tersebut tidak sesuai dengan tata ruang Kabupaten Karangasem yang telah ditetapkan, dari hasil monitoring pengusaha hanya memilik NIB saja,” ujar Kabid Penegakan Undang-Undang Daerah, Satpol PP Karangasem, I Made Aditya Sugiarta saat dihubungi, baru-baru ini.

Menurut Sugiharta, jika setelah diberikan SP 1 pengusaha tetap melalukan aktivitasnya maka dalam jangka waktu 7 hari setelahnya akan kembali diberikan surat peringan ke 2. Apabila tetap tidak diindahkan, maka tiga hari setelahnya akan diberikan SP 3, diberikan waktu 3 hari jika tidak digubris maka akan diproses lebih lanjut.

Baca Juga :  Bom Diri di Polsek Astana Anyar Bandung Sehari Setelah Pengesahan UU KUHP

Sementara itu, menurut informasi truk yang mengangkut material dari lokasi pengerukan tersebut terbilang cukup banyak, setiap harinya jumlah truk mencapai puluhan unit yang hilir mudik dari lokasi pengerukan.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan