Selasa, April 30, 2024
BerandaBadungAtraksi Budaya dan Pameran UMKM Semarakan Pantai Jerman Festival

Atraksi Budaya dan Pameran UMKM Semarakan Pantai Jerman Festival

BADUNG, balipuspanews.com
Berbagai atraksi budaya dan pameran UMKM menghiasi Bhinneka Pantai Jerman Culture Festival II yang dibuka, Jumat (23/6/2023) oleh Kadis Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha.

Festival tersebut diharapkan bisa menarik destinasi wisatawan domestik (Wisdom) dan wisatawan mancanegara (Wisman) untuk berkunjung ke pantai yang menjadi ikon baru pariwisata Badung.

Selain dihadiri Kadis Kebudayaan Provinsi, festival tersebut juga dihadiri
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa. Kehadirannya itu sekaligus untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada masyarakat, untuk senantiasa menjaga kelestarian seni dan budaya Bali serta kebhinekaan Indonesia.

Pembukaan event tersebut ditandai pemukulan gong oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha. Turut mendampingi yakni Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, Anggota DPRD Badung Luh Gde Sri Mediastuti, Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Gede Made Sukayasa, dan Sekretaris Camat Kuta I Made Agus Suantara.

Ditemui sesaat setelah seremonial pembukaan, Sekda Adi Arnawa menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung tentunya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Bhinneka Pantai Jerman Culture Festival II. Karena menurut dia, itu sekaligus memberikan ruang dalam hal promosi pariwisata, khususnya area Pantai Jerman, Kuta.

BACA :  Dukung Indonesia Juara di Semifinal Piala Asia U-23, Polda Bali Gelar Nobar Serentak

“Area Pantai Jerman ini sekarang kan sudah ditata bagus. Jadi harapan kita ke depan tentu ada banyak orang yang datang untuk berwisata,” ungkapnya.

Oleh bergeraknya pariwisata, maka diyakini dapat memberikan dampak positif terhadap perputaran ekonomi masyarakat. Utamanya masyarakat pelaku UMKM yang ada di Pantai Jerman sendiri.

“Dengan ini, harapan kita secepatnya pertumbuhan ekonomi akan terjadi di Kuta ini,” sebutnya.

Namun demikian, Sekda Adi Arnawa mengingatkan kepada masyarakat penyelenggara, agar kedepannya bisa mengemas festival bersangkutan dengan lebih baik lagi.

Tentunya melalui langkah-langkah persiapan yang lebih matang, sehingga Bhinneka Pantai Jerman Culture Festival benar-benar mampu menjadi sebuah event yang berkelas.

“Saya kira sekarang sudah bagus, tapi perlu ditingkatkan lagi. Memang skalanya yang sekarang melaksanakan ini adalah tingkat banjar, tapi saya lihat dari dedikasi dan semangatnya itu sudah sangat luar biasa,” pungkasnya dalam event yang juga dihiasi penyerahan dana motivasi senilai Rp 30 juta dari Pemerintah Kabupaten Badung tersebut.

Sekilas untuk diketahui, mengutip penyampaian laporan Ketua Panitia Bhinneka Pantai Jerman Culture Festival II, I Wayan Tegeg menuturkan bahwa festival tersebut terselenggara selama tiga hari, yakni dari tanggal 23 hingga 25 Juni 2023.

BACA :  Setjen DPD RI Luncurkan Pocadi

Berbagai kegiatan dilaksanakan serangkaian event tersebut, mulai dari pameran UMKM yang sempat mendapat kunjungan dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, pelepasan tukik, pementasan Barong, pementasan Tari Kecak Perempuan Inovatif, Cooking Demonstration, Lomba Sate Lilit, serta Fashion Show Anak-anak.

“Untuk pelaksanaan di tahun-tahun berikutnya, besar harapan kami agar senantiasa mendapat dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah,” sebutnya.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular