Bantuan Sosial DID Jembrana tahap I Rampung Tersalurkan

JEMBRANA, balipuspanews.com – Bantuan sosial alokasi dana Dana Insentif Daerah (DID) tahap I seluruhnya rampung tersalurkan sebanyak 34.075 paket yang merupakan usulan dari pihak desa/kelurahan se-Kabupaten Jembrana.

Setelah sebelumnya disalurkan pada empat (4) kecamatan lainnya, hari ini, Selasa (24/11), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana kembali menyalurkan bantuan social berupa sembako di Kecamatan Melaya yang menjadi tahapan akhir dari penyaluran bantuan social tersebut.

Penyaluran bantuan social DID tahap I tersebut secara langsung diserahkan Bupati Jembrana I Putu Artha yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana kepada perwakilan warga disetiap desa yang ada di kecamatan Melaya.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Jembrana dari UNSUR TNI/POLRI, Para Asisten beserta seluruh jajaran Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jembrana.

Kepala Dinas Sosial Jembrana Made Dwipayana menyampaikan, terkait penyaluran bantuan social alokasi dana DID tahap I seluruhnya rampung tersalurkan sejumlah 34.075 dari total yang disediakan sebanyak 55.667 paket. Dirinci bantuan social DID tahap I ini, untuk Kecamatan Pekutatan 4.602 paket, Mendoyo 9532 paket, Jembrana 7057 paket, Negara 8567 paket, dan kecamatan Melaya 4317 paket.

“Untuk alokasi dana bantuan social tersebut berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) sejumlah Rp 14,9 miliar dimana Rp 8,3 miliar diperutuhkan untuk penyediaan bantuan social berupa sembako kepada masyarakat sejumlah 55.667 paket. Dana DID tersebut merupakan reward dari pemeritah pusat atas keberhasilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Jembrana bersama seluruh stakeholder juga didukung dengan perilaku kedisiplinan warga masyarakat Jembrana dalam menghadapi covid-19,” ucapnya.

Sementara Bupati Jembrana I Putu Artha mengapresiasi bantuan social DID tahap I seluruhnya rampung tersalurkan di 5 kecamatan se-Kabupaten Jembrana dan semoga dapat bermanfaat bagi seluruh penerima manfaat mengingat bantuan social berupa sembako tersebut sangat dibutuhkan bagi masyarakat ditengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini.

“Mengingat pada tahap I bantuan social DID berupa sembako sejumlah 34.075 paket dari alokasi 55.667 paket yang disiapkan sudah rampung tersalurkan di 5 kecamatan, untuk itu kepada pihak desa agar kembali mengusulkan bagi warganya yang belum memperoleh bantuan social tersebut, sehingga nantinya kouta tersebut dapat terpenuhi seluruhnya,” ujarnya.

Disamping itu Bupati Artha juga menyampaikan keberhasilan Jembrana dalam menghadapi covid-19 ini juga tidak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat yang selama ini sudah disiplin menerapkan protocol kesehatan.

“Untuk itu, semangat dalam menghadapi covid-19 ini jangan pernah hilang, terus menerus disiplin menerapkan protocol kesehatan khususnya protocol 3 M dalam beraktivitas, baik dirumah tangga, dikantor, dan saat melaksanakan kegiatan keagaman, sehingga nantinya dapat memutus rantai penyebaran covid-19 di Jembrana,” imbuhnya.

Penulis/Editor : Anom/ Oka