Jumat, Juni 14, 2024
BerandaKlungkungBerdalih Perkuat Fungsi Pengawasan di DPRD Klungkung, Demokrat dan Perindo Tinggalkan Fraksi...

Berdalih Perkuat Fungsi Pengawasan di DPRD Klungkung, Demokrat dan Perindo Tinggalkan Fraksi Hanura

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Dua partai yang sebelumnya bergabung dengan Fraksi Hanura di DPRD Klungkung yakni Partai Perindo dan Demokrat memutuskan menarik diri dari Fraksi Hanura.

Kedua partai ini berencana membentuk fraksi baru, sehingga menambah jumlah fraksi menjadi enam fraksi. Namun, berpisahnya kedua partai dengan tiga anggota DPRD Klungkung ini, bukan karena karena masalah. Kedua partai tersebut beralasan untuk memperkuat fungsi pengawasan dan kontrol fraksi, baik di parlemen maupun kepada eksekutif.

Penguatan komunikasi ini dipertegas Ketua DPC Partai Hanura Klungkung Wayan Buda Parwata, saat dikonfirmasi, Jumat (2/7/2021) malam. Buda Parwata membenarkan langkah kedua partai ini memisahkan diri dengan Fraksi Hanura yang awalnya diperkuat 4 partai politik. Antara lain Partai Hanura, PKPI, Perindo dan Demokrat.

“Intinya tidak ada persoalan, itu sudah sesuai pembahasan kita di fraksi, dalam memperkuat pengawasan dan kontrol kami di parlemen maupun eksekutif. Jadi, kami dari awalnya dalam satu suara fraksi, menjadi punya kekuatan dua suara fraksi,” tegasnya.

Menurut Buda Parwata tujuannya untuk menambah kekuatan dalam melakukan fungsi-fungsi fraksi. Sebab, di dalam parlemen, yang bersuara itu adalah jumlah fraksi, bukan jumlah anggota dewan di dalam satu fraksi. Kalau dalam satu fraksi ada 8 sampai 9 orang anggota dewan, tetap saja suaranya 1 fraksi.

BACA :  Walikota Jaya Negara dan Ombudsman RI Teken Kesepakatan Apresiasi Pelayanan Publik

Sementara gabungan Perindo dan Demokrat sudah cukup memenuhi syarat untuk membentuk 1 fraksi baru. Ini sudah melewati pembahasan bersama di antara pimpinan partai, baik dengan pimpinan Partai PKPI, Perindo atau Demokrat.

“Ini akan memperkuat bargaining position kami. Jadi, kalau bisa bentuk satu fraksi lagi kan bagus. Istilahnya satu jiwa dua raga,” ujar Wayan Buda Parwata, tokoh muda dari Desa Timuhun ini.

Gabungan Perindo dan Demokrat akan menambah 1 fraksi lagi, selain 5 lima fraksi yang sudah ada. Antara lain Fraksi PDIP, Gerindra, Golkar, Hanura dan NasDem. Keduanya belum menyepakati nama fraksi baru yang dibentuk satu lagi.

Meski memisahkan diri, namun langkah fraksi baru ini nantinya dipastikan tetap akan “sejalan” dengan Fraksi Hanura. Bahkan, mereka akan tetap dalam satu ruangan yang sama. Selanjutnya, Fraksi Hanura akan mengusulkan ke lembaga, bahwa ada perubahan struktur fraksi.

Terkait keputusan pembentukan fraksi anyar ini dibenarkan anggota DPRD Klungkung dari Partai Perindo Nyoman Mujana, ketika dikonfirmasi, Jumat (2/7/2021). Menurutnya ikhwal berpisahnya Perindo dari struktur Fraksi Hanura, sebagaimana penjelasan Buda Parwata.

BACA :  Cegah Perundungan, Bupati Gede Dana Sosialisasi ke Sekolah

Langkah ini sudah sesuai dengan pembahasan yang matang di dalam fraksi, tujuannya untuk memperkuat pengawasan dan kontrol, dari satu suara fraksi menjadi mempunyai kekuatan dua suara fraksi.

“Intinya berpisahnya Perindo tidak ada persoalan dengan Fraksi induk sebelumnya,” terang Mujana yang juga menjabat Klian Banjar Jelantik Kuribatu, Desa Tojan ini.

Penulis : Roni
Editor : Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular