Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBadungBiznet Operasikan Kabel Bawah Laut BNCS-1

Biznet Operasikan Kabel Bawah Laut BNCS-1

BADUNG, balipuspanews.com – Dalam upaya melaksanakan komitmennya dalam mengurangi kesenjangan digital dengan pemerataan akses internet, Biznet sebagai salah satu perusahaan infrastruktur digital di Indonesia meluncurkan Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1).

BNCS-1 merupakan jaringan kabel fiber optik bawah laut pertama dari Biznet yang menghubungkan jaringan antar Pulau Jawa, Sumatra, dan Bangka sepanjang kurang lebih 100km.

President Direktur Biznet, Adi Kusuma mengatakan sepanjang tahun 2022-2023 Biznet telah melakukan pembangunan infrastruktur kabel fiber optik bawah laut melalui Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1).

Dengan pembangunan diharapkan dapat menghadirkan konektivitas digital antar pulau di Indonesia dengan kapasitas internet berkecepatan tinggi untuk masa depan yang dapat mendorong digitalisasi serta modernisasi masyarakat Indonesia, selain itu memperkuat perluasan jaringan kami khususnya di Pulau Jawa dan Sumatra.

“Jaringan BNCS-1 terdiri dari 24 pair (48core) Fiber Optic menggunakan teknologi perangkat Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) dimana setiap pairnya dapat mengirimkan data sebesar 38.4 Tbps. Dengan jumlah 24 pair artinya jaringan BNCS-1 memiliki kapasitas sampai 921.6 Tbps dan dapat ditingkatkan sesuai perkembangan,” ujarnya.

BACA :  Diikuti 125 Peserta, Sekda Adi Arnawa Buka Turnamen Ceki Pura Pangrurah Sakti Cemagi

Adi menuturkan tujuan pembangunan BNCS-1 ini diharapkan Pulau Sumatra memiliki kecepatan bandwidth yang sama seperti Pulau Jawa, upload download yang simetris, dengan koneksi yang handal dan harga yang terjangkau dapat membantu aktivitas digital semakin lancar.

“Bersamaan dengan pembangunan kabel fiber optic bawah laut, kami juga membangun fasilitas Biznet Cable Landing Station atau Biznet MarinePOP, merupakan inovasi terbaru yang kami hadirkan sebagai infrastruktur yang menjadi gerbang utama dalam proteksi jaringan infrastruktur kabel bawah laut kami,” ucapnya.

Dengan nilai investasi mencapai 200juta Dollar BNCS-1 dan Biznet MarinePOP merupakan gerbang utama untuk menghubungkan jaringan Fiber Optic antar pulau di Indonesia dan Dunia, yang akan memberikan layanan Internet dan Komunikasi Data dengan kapasitas yang lebih besar, cepat, dan handal.

Saat ini Biznet telah mengoperasikan 4 Biznet Cable Landing Station yakni Biznet MarinePOP Serang Anyar Banten, Biznet MarinePOP Lampung Selatan Kalianda, Biznet MarinePOP Banyuasin Sungsang Sumatera Selatan, Biznet MarinePOP Bangka Barat Muntok Kep. Bangka Belitung.

Pihaknya memaparkan melalui inovasi dan infrastruktur yang dibangun, diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih kreatif dan inovatif di era digital yang terus menerus berkembang sehingga dapat sempurnakan hidup seluruh masyarakat Indonesia.

BACA :  Batal Merger, Kadis Perinaker Badung Minta Karyawan Kembali Bekerja

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular