Jumat, Mei 3, 2024
BerandaBangliBupati Sedana Arta Serahkan 200 BPJS Ketenagakerjaan kepada Pedagang Pasar Kidul

Bupati Sedana Arta Serahkan 200 BPJS Ketenagakerjaan kepada Pedagang Pasar Kidul

BANGLI, balipuspanews.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyerahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 200 orang pedagang di Pasar Kidul, Bangli, Senin (24/1/2022).

Penyerahan yang berlangsung secara simbolis tersebut juga dihadiri Kepala Kantor BPJS Wilayah Bali Timur Bimo Prasetyo, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Provinsi Bali Sudandi Murtado, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Bangli, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangli, Kepala Dinas Koperasi Bangli, serta Kepala Pasar Kidul Bangli.

Kepala Kantor BPJS Wilayah Bali Timur Bimo Prasetyo mengatakan, pada tahun 2021 ada program CSR dari Bank BPD Bali yang diberikan kepada pedagang pasar untuk mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

Disampaikannya, BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah untuk melindungi seluruh tenaga kerja, termasuk tenaga kerja yang bekerja untuk dirinya sendiri seperti pedagang yang berjualan di Pasar Kidul, Bangli juga berhak mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

Lanjut Bimo Prasetyo, perbedaan manfaat antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, yakni BPJS Kesehatan manfaatnya adalah memberikan pelayanan disaat kita sakit. Sedangkan, BPJS Ketenagakerjaan manfaatnya adalah memberikan santunan berupa uang tunai apabila terjadi resiko terhadap peserta.

BACA :  Susun Kabinet, Prabowo-Gibran Diminta Libatkan Tokoh Kalimantan

Misalkan, ada peserta yang meninggal dunia tanpa sebab apapun, maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan sebesar Rp 42 juta kepada ahli waris peserta, dan atau ada juga peserta yang kecelakaan saat bekerja maka BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung seluruh biaya perawatan dan pengobatan di rumah sakit.

“Selain itu ada juga santunan berupa beasiswa kepada 2 orang anak yang besarnya sampai Rp 174 juta sampai anaknya nanti lulus perguruan tinggi,” sebutnya.

Bimo Prasetyo menambahkan, dengan membayar iuran sebesar Rp 16.800 perbulan maka peserta bisa mendapatkan dua perlindungan yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta berharap, dengan dibagikannya Kartu BPJS Ketenagakerjaan ini, diharapkan nantinya dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi pedagang di Pasar Kidul.

Bupati yang dikenal dekat dengan rakyat ini juga menghimbau, para pedagang agar menjaga kebersihan pasar demi terciptanya lingkungan yang bersih. Serta untuk memberi pelayanan yang maksimal bagi pembeli.

“Mari kita bersama sama menjaga kebersihan di Pasar Kidul demi kenyamanan masyarakat yang berkunjung dan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ucapnya.

BACA :  Cegah Penyebaran DBD, Pemkot Denpasar Gelar Rapat Koordinasi Antar Pihak Terkait

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular