Cegah Pasien Bandel, Satgas Covid-19 Buleleng Larang OTG Isolasi Mandiri

Wakil Bupati Buleleng selaku Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 I Nyoman Sutjidra
Wakil Bupati Buleleng selaku Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 I Nyoman Sutjidra

BULELENG, balipuspanews.com – Guna terus mengurangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Buleleng pencegahan terus di lakukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng.

Kali ini Satgas melarang adanya isolasi mandiri bagi pasien terkonfirmasi yang tergolong Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Buleleng selaku Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 I Nyoman Sutjidra, di Kantor Bupati Buleleng, Senin (18/01/2021), ia menjelaskan saat ini isi dari kamar isolasi Rumah Sakit (RS) di Kabupaten Buleleng bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 sudah terbilang sangat tinggi.

Melihat kondisi yang demikian, maka Satgas Covid-19 Buleleng menegaskan agar melakukan isolasi di hotel sesuai dengan anjuran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

“Tidak boleh lagi isolasi di rumah. Karena isolasi mandiri sudah sangat berisiko, dan pasien barus tetap disiplin,” jelasnya.

Selain berisiko bagi lingkungan sekitar, isolasi mandiri bagi pasien terkonfirmasi sangat membutuhkan kedisiplinan diri.

Meskipun pasien memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk melakukan isolasi mandiri, dikhawatirkan terjadi kontak dengan keluarga ataupun lingkungannya. Hal ini tidak dipungkiri berpeluang seperti yang terjadi di Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng dan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada.

Sehingga, Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng menegaskan kembali untuk melakukan isolasi di hotel yang telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

“Untuk kecamatan Buleleng dan Kecamatan Sukasada akan diatensi penuh, karena dikhawatirkan bisa terjadi penularan kembali,” ungkapnya.

Tak hanya itu, melihat saat ini penambahan kasus terkonfirmasi di Kabupaten Buleleng didominasi oleh klaster keluarga. Sudah barang tentu hal ini membuat harus terus ditingkatkan penanganannya.

Sehingga, Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng telah melakukan penjemputan bagi pasien yang masih melakukan isolasi mandiri. Guna mencegah adanya peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi melalui klaster ini.

“Dari dua hari yang lalu sudah dijemput. Baik yang di Banyuning maupun yang di Pancasari. Tidak ada lagi alasan bagi mereka untuk menolak karena ini sudah keputusan satgas,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan