Cuaca Ekstrem, BPBD Catat Dua Titik Longsor dan 18 Pohon Tumbang di Karangasem

Nampak jalan tergerus longsor yang menyebabkan lalulintas terputus. Satu truk nyemplung saat melintas dan menjadi tontonan warga
Nampak jalan tergerus longsor yang menyebabkan lalulintas terputus. Satu truk nyemplung saat melintas dan menjadi tontonan warga

KARANGASEM, balipuspanews.com – Hujan deras yang menguyur Bumi Lahar sejak beberapa hari belakangan menyebabkan tanah longsor, banjir dan pohon tumbang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tercatat ada 18 titik pohon tumbang serta 2 (dua) titik banjir dan 2 (dua) titik tanah longsor di Kabupaten Karangasem dampak hujan lebat yang mengguyur sejak Minggu (5/12/2021) malam.

“Sementara baru segitu laporan yang masuk, saat ini tim sedang bergerak melakukan penanganan,” ujar PLT Kalaksa BPBD Karangasem, I Wayan Siki Ngurah dikonfirmasi, Senin, (6/12/2021).

Ia melanjutkan, untuk pohon tumbang di Karangasem, paling banyak terjadi di wilayah Kecamatan Bebandem sebanyak 8 titik, dengan kerusakan yang ditimbulkan mulai kerusakan bangunan hingg memutus jaringan PLN disejumlah wilayah.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Tekankan Wisudawan Grandiozza International Hospitality untuk Bergerak Meraih Mimpi

Selain itu, banjir juga menggerus akses jalan di wilayah Butus, Desa Bhuanagiri, Bebandem, Karangasem putus, satu unit kendaran truk yang melintas dijalan tersebut terperosok kedalam jalan yang tergerus derasnya aliran banjir air hujan.

“Lokasinya disebelah jembatan yang saat ini dibangun, jalan ini jalan pelintas pengalihan jalan yang dibuatkan jembatan, saat ini jalan tidak bisa dilewati kendaraan karena amblas dan truk sudah dievakuasi menggunakan alat berat,” kata Kepala Wilayah Butus, I Gede Ngurah Sudarma.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan