Demo Aksi BEM, Polresta Terjunkan Ratusan Personil Diback-up TNI

Pengamanan aksi unjuk rasa ini dipimpin Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas bertempat di lapangan Timur Renon Denpasar
Pengamanan aksi unjuk rasa ini dipimpin Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas bertempat di lapangan Timur Renon Denpasar

DENPASAR, balipuspanews.com – Aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), serentak dilaksanakan di Indonesia, pada Senin (11/4/2022). Aksi unjuk rasa ini menyuarakan aspirasi terkait beberapa hal yang terjadi di Negara Indonesia.

Di wilayah Bali, aksi ini digelar di depan monument Badjra Sandi Renon, Denpasar. Pengamanan aksi unjuk rasa ini dipimpin Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas bertempat di lapangan Timur Renon Denpasar.

Dalam arahannya, Kapolresta meminta kepada seluruh personil yang melakukan pengamanan agar mengawal aksi tersebut dengan humanis.

“Sesuai perintah Bapak Kapolri mari kita laksanakan pengamanan aksi ini dengan humanis dan sabar menghadapi adik-adik mahasiswa,” tegas AKBP Bambang.

Baca Juga :  Selama Penerapan ETLE, Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Menurun

Dijelaskannya, aksi BEM ini digelar serentak di seluruh Indonesia, dan di wilayah Denpasar aksi rencananya akan dilaksanakan pukul 15.00 WITA.

Dalam unjuk rasa ini, Polresta Denpasar menerjunkan tim gabungan sebanyak 363 personil. Terdiri dari personil Polresta sebanyak 216, TNI 62 orang. Sedangkan personil satpol PP dan pecalang sejumlah 85 orang.

Soal isu nasional yang akan di angkat dalam aksi demo kali ini  Kapolresta Bambang meminta kepada seluruh personil gabungan agar tetap bersama menjaga keamanan kota Denpasar. Agar anggota Polri bersikap tenang dan humanis saat aksi berlangsung.

“Mari minta bersama menjaga keamanan Kota Denpasar yang kita cintai ini agar tetap aman dan Kondusif,” tegasnya.

Baca Juga :  KTT G20 Berjalan Lancar, Polresta Denpasar Apresiasi Pecalang

Keterangan terpisah, Kabag Ops Polresta Denpasar Kompol I Made Uder mengatakan pihaknya akan mengerahkan pasukan secara maksimal. Dari ratusan personil Polresta Denpasar pihaknya di back up TNI, pecalang, dan satpol PP.

Selain itu, pihaknya juga mendapat bantuan (BKO) dari Polda Bali yang sedianya akan menurunkan satu satuan kompi (SSK) Brimob dan satu SSK Ditsamapta. Bantuan lainnya datang dari TNI sebanyak 60 personil, Satpol PP sebanyak 30 personil dan pecalang sebanyak 20 orang.

“Dalam pengamanan ini dilengkapi dengan alat-alat yang sudah di siapkan seperti water canon, mobil rantis, dan kawat berduri,” ujarnya.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan