Ketua DPRD karangasem Gede Dana sidak di sungai Embah Api setelah sebelumnya banjir akibat hujan deras
Ketua DPRD karangasem Gede Dana sidak di sungai Embah Api setelah sebelumnya banjir akibat hujan deras

KARANGASEM, balipuspanews.com – Untuk kesekian kalinya, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Gede Dana meninjau kondisi perlintasan sungai Embah Api yang berlokasi di desa Bhuanagiri, Bebandem, Karangasem pasca terjangan banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Gede Dana yang juga ketua DPC PDIP Karangasem itu ditemani oleh Wakil Ketua DPRD I Nengah Sumardi dan Ketua komisi III, I Wayan Parka.

Begitu melihat kondisi sungai, Dana nampak geram. Pasalnya, hingga kini belum ada penanganan apapun meski sebelumnya telah turun dan berkordinasi dengan dinas terkait agar segera ditindak lanjuti minimal dengan tindakan darurat.

“Dulu setelah saya turun kenapa tidak ditindak lanjuti minimal dengan penanganan darurat, padahal sudah saya sampaikan pada bulan Desember. Januari dan seterusnya bakal mulai musim hujan, tapi tidak dilakukan tindakan apapun,” kata Gede Dana.

Sejauh ini, pihaknya juga belum mengerti bagaimana konsep yang akan dibuat, terkait dengan perbaikan jalur tersebut apakah akan dibangun jembatan, jembungan atau pengerasan saja. Dewan juga akan segera mengundang Dinas PU untuk berkordinasi dan mencari jalan keluar terkait kondisi perlintasan di Tukad Embah Api tersebut.

Sementara itu, Dewan juga menilai tidak tertatanya aktivitas galian c yang berada dikawasan hulu sungai menjadi salah satu penyebab makin parahnya banjir yang mengalir di tukad Embah Api.

Tak hanya itu, Dewan juga merasa khawatir apabila sampai kawasan galian c tersebut datar dengan pemukiman jika terjadi banjir maka alirannya bisa masuk ke rumah penduduk.

“Ini ada dua faktor penyebabnya, kurangnya perhatian pemerintah terhadap jalan dan yang kedua Galian C tidak tertata diatas. Hujan baru kemarin, sudah banjir bagaimana kalo nanti terus hukan bisa hancur lebur,” terangnya.(adv/igs/tim/bpn)

Facebook Comments